JASA KONSULTAN RITEL
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Strategi Mendapatkan Kepercayaan Konsumen
Konsultan, Konsultan Ritel, Kepercayaan Konsumen, Kepercayaan Konsumen Terhadap Produk, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta
5 Strategi Dalam Mendapatkan Kepercayaan Konsumen
Kunci
utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari
konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual. Konsumen harus memiliki
kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat
yang terbaik baginya.
Di
saat Anda sebagai pemilik bisnis telah berhasil membangun kepercayaan dari
konsumen, bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang
kembali, termasuk rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.
Konsumen
akan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual terhadap
orang-orang disekitarnya karena mereka telah memiliki pengalaman yang baik
dengan produk atau jasa dari Anda.
Baca juga Cara Melayani Konsumen Yang Benar
Oleh
karena itu, sangat penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen
akan bisnis Anda. Berikut adalah 5 strategi yang dapat Anda gunakan dalam
memunculkan kepercayaan konsumen akan bisnis Anda:
1.
Komunikasi
Komunikasi
adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih
hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan
dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu
tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.
Jika
Anda memiliki karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan
pelanggan. Alih-alih menunggu layanan customer service, kembangkan keterampilan
berkomunikasi dengan pelanggan. Pastikan Anda memberikan tanggapan yang cepat
terhadap segala kritik dan saran dari pelanggan Anda, termasuk juga kepekaan
yang wajib dimiliki demi memenuhi kebutuhan dari pelanggan.
Baca juga Alasan Perlu Membeli Produk Berkualitas
2.
Buatlah Produk Ataupun Jasa Anda Melebihi Harapan dari Pelanggan
Pelanggan
Anda mengharapkan produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk
atau jasa terbaik baginya. Singkatnya, jika Anda berhasil membuat pelanggan
merasa senang dengan kualitas dari bisnis Anda, maka pelanggan akan kembali dan
menggunakan produk atau jasa Anda secara terus menerus.
Untuk
membuat pelanggan yakin bahwa telah memilih produk atau jasa yang tepat, Anda
dapat melakukan beberapa hal ini, seperti; mengantarkan produk atau jasa lebih
cepat dari yang diantisipasi, memberikan packaging yang bagus. Bila Anda
memberikan lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan
pelayanan yang Anda berikan.
Baca juga Begini Cara Mengenali Perilaku Konsumen
3.
Mintalah Kritik dan Saran
Apakah
pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan
kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan
kebutuhan mereka. Cobalah untuk melakukan survei singkat baik melalui online
ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa
yang baru dibelinya dari Anda. Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu
Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat
memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.
Semakin
baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang
adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap
komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang
diberikan merupakan komentar yang negatif. Melalui komentar inilah Anda dapat
melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam
bisnis.
Baca juga Kenali Perilaku Dan Jenis Konsumen
4.
Lakukan Komunikasi Dua Arah Dengan Pelanggan
Seiring
dengan perkembangan teknologi, ada lebih banyak cara untuk dapat memulai
percakapan dengan pelanggan Anda dibandingkan sebelumnya. Ada banyak medium
online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjangkau
pelanggan.
Tindakan
komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan
diantara bisnis Anda dengan pelanggan. Pelanggan cenderung akan bersifat
transparan dan lebih terbuka akan kekurangan dari produk Anda yang tidak ia
suka. Dengan metode ini, Anda akan selalu menjadi terdepan diantara competitor,
karena dengan cepat Anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada
tersebut.
Baca juga Menganalisis Peluang Bisnis Ritel
5.
Tunjukkan Apresiasi
Berikan
apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat
membagikan kartu hadiah, atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan
penghargaan kepada pelanggan. Dengan program loyalitas ini, pelanggan
mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan
sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa
memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.
Juga
berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang
mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo Anda di atasnya. Ini adalah
cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan
sekaligus menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.
Baca juga Apa Itu Ritel Mix?
Nah,
dengan melakukan kelima hal diatas maka Anda sudah berada satu langkah dari
para kompetitor Anda. Tanpa harus melakukan usaha yang berlebih, disaat Anda
telah berhasil membuat pelanggan percaya akan bisnis Anda, maka pelanggan akan
selalu memilih Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar