JASA KONSULTAN RITEL
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Penyebab Barang Tidak Laku
Konsultan, Konsultan Ritel, Alasan Produk Tidak Laku, Penyebab Produk Tidak Laku, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta
Hal - Hal Yang Menyebabkan Produk
Tidak Laku
Produk
adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Anda mengembangkan sebuah
bisnis. Tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam
menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada
banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran.
Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk
bisnis. Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari
solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam.
Berikut
faktor penyebab produk tidak laku dijual :
Faktor Internal
a.Kurangnya
perencanaan strategi pemasaran
Perencanaan
yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat
menyebabkan produk tidak laku dijual. Hal ini sering dilewatkan para pebisnis.
Padahal, perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus
dilakukan sebelum Anda memulai bisnis. Solusinya adalah ketika Anda
merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada
konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.
b.Target
Pasar yang Lebar
Target
pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual.
Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan
produk. Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan
keuntungan yang sebesar-besarnya. Solusinya adalah Anda perlu membuat target
pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat
sasaran.
c.Kurangnya
Jumlah Pemasok Bahan Baku
Ketika
produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan
pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku.
Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku
produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan. Solusinya adalah Anda
harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini
untuk menghindari Anda kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan
penjualan.
Baca juga Begini Cara Mengatasi Bisnis Stagnan
d.Harga
yang Terlalu Mahal
Harga
menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan
harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Pada era
ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya.
Terkadang produk dengan kualiatas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang
lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling. Solusinya adalah Anda harus
melakukan survei harga kompetitor Anda yang menjual produk sejenis. Lakukanlah
survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Anda akan memasarkan produk.
e.Perencanaan
Finansial yang Kurang Matang
Finansial
merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya
suatu bisnis ada di finansial. Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di
mana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang
matang. Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis
sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang
finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang. Buatlah perencanaan
dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Anda rencanakan.
Faktor Eksternal
a.
Pesaingan Antar Kompetitor
Persaingan
di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara
kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini,
dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual. Solusinya
adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat
keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.
b.Sumber
Daya Manusia yang Rendah
Meskipun
produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain,
tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia. Dukungan sumber daya
manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%. Tanpa ada tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi,
dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Solusinya
carilah sumber daya manusia yang berkualiatas. Cobalah untuk selalu lakukan
pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar