Kamis, 20 Desember 2018

Cara Melayani Konsumen Yang Benar | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

PAKAR, +62 813-9864-6177,  Cara Melayani Konsumen

Konsultan, Konsultan Ritel, Pelayanan Konsumen Yang Baik, Cara Pelayanan Konsumen, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta


Pelanggan adalah raja. Melayani seorang pelanggan atau pembeli secara baik adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Pelanggan merasa puas atas pelayanan anda sedikit banyak akan membuat virus pemasaran terbaik tanpa perintah. Para pelanggan dengan suka rela menceritakan hal-hal yang terbaik atas pelayanan dalam bisnis anda. Dengan beberapa tambahan pelanggan, otomatis akan meningkatkan penghasilan anda. Bisnis anda tidak akan kehilangan pelanggan, tapi akan bertambah banyak.


Keterampilan dasar pelayanan terhadap pelanggan dapat diterapkan dalam beberapa strategi pelayanan dalam rangka membangun dan meningkatkan citra positif pada bisnis anda. Langkah-langkah berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam bisnis untuk melayani pelanggan dengan beberapa trik bisnis.


Trik Bisnis Cara Melayani Pelanggan dengan Baik :

1. Pusatkan perhatian pada pelanggan
Mendengarkan dengan penuh perhatian dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan
Perhatikan sikap tubuh anda, bertindak secara tenang dan rileks
Menatap mata pelanggan anda pada saat berbicara dan tersenyum
Perhatikan ekspresi wajah anda, dan selalu tampilkan senyum anda
Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila pelanggan mengharapkan tanggapan anda
Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) atau terlalu tinggi (kesal, marah dan emosi)
Menempatkan kepentingan pelanggan pada nomor satu dan orang lain, seperti rekan sekerja dan pimpinan pada prioritas berikutnya, apabila sedang melayani pelanggan.

2. Memberikan pelayanan yang efisien
Melayani pelanggan berikutnya segera setelah selesai dengan pelanggan pertama
Pergunakan waktu seakurat mungkin
Berbicara seperlunya pada pelanggan
Merencanakan apa yang selanjutnya akan dilakukan
Memberikan tindak lanjut pelayanan sampai tuntas
Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, cepat dan tidak bertele-tele


3. Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
Mengenali kehadiran pelanggan dengan segera
Selalu menggunakan nama pelanggan sesering mungkin
Tidak menggurui pelanggan, bagaimanapun pandainya anda
Memuji dengan tulus dan memberikan penghargaan kepada pelanggan
Memperlakukan pelanggan sebagai orang dewasa

4. Membina hubungan baik dengan pelanggan
Mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelanggan tanpa memotong pembicaraan
Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perasaan, untuk menunjukkan bahwa anda mengerti dan memahami perasaan pelanggan
Mempersilakan pelanggan menanggapi dan berusaha menyelesaikan masalahnya

5. Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
Menanyakan kepada pelanggan
Mengulangi kembali apa keinginan pelanggan, kemudian menarik inti dari apa yang dikatakannya


6. Mengalihkan pelayanan ke orang lain
Bila seorang pelanggan meminta pelayanan di luar kemampuan anda, cara terbaik adalah mengalihkan pelayanan tersebut kepada orang lain yang lebih mampu. Dengan pengalihan tersebut akan terlihat bahwa perusahaan/bisnis anda telah bekerja dengan profesional
Setelah mengetahui keinginan pelanggan, anda menjelaskan kepadanya sambil meminta maaf bahwa anda tidak mampu melayaninya, karena orang lain akan lebih baik melayaninya
Hal ini juga harus dijelaskan dihadapan orang yang hendak menggantikan anda. Perkenalkan orang tersebut kepada pelanggan

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...