JASA KONSULTAN RITEL
PAKAR, +62 813-9864-6177, Penyebab Bisnis Anda Sepi
Konsultan, Konsultan Ritel, Cara Mengatasi Bisnis Sepi, Bisnis Sepi Pembeli, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta
Penyebab Bisnis Sepi
Wirausaha merupakan suatu proses untuk menghasilkan suatu
karya yang baru, kreatif dan inovatif dengan tujuan memberikan nilai guna dan
manfaat kepada diri sendiri maupun orang lain. Kewirausahaan atau
enterpreneurship menuntut jiwa yang pemberani dalam melakukan upaya-upaya
pemenuhan kebutuhan hidup serta menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.
Karena terbatasnya lapangan kerja, masyarakat dituntut untuk memiliki jiwa
wirausaha sehingga dapat menciptakan kesempatan untuk berkembang bagi dirinya
sendiri maupun orang lain serta membantu menggerakkan roda perekonomian.
Akan tetapi memulai suatu usaha bukanlah pekerjaan mudah.
Banyak tantangan yang harus dihadapi dan masalah yang timbul di tengah-tengah
perjalanan suatu usaha. Wirausahawan harus dapat mengantisipasi hal tersebut
dan memikirkan solusi-solusi bagi permasalaahan tersebut. Salah satu masalah
yang dapat menghadang adalah apabila usaha yang sudah dirintis tiba-tiba
mengalami kemunduran omzet atau sepi pelanggan atau pembeli. Hal tersebut dapat
disebabkan oleh beberapa faktor, berikut adalah beberapa penyebab Usaha Sepi
Secara Umum :
1. Tidak konsisten menjaga kualitas produk
Dalam suatu perusahaan, produk memegang peran utama. Sebagai
komoditi yang ditawarkan, produk harus memiliki nilai jual dan nilai bargaining
di pasar. Selain itu memiliki konsep yang sejalan dengan visi dan misi
perusahaan. Selain itu produk juga harus melewati tahapan standarisasi
berdasarkan kriteria-kriteria yang diinginkan konsumen. Hal tersebut untuk
menjaga kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Dengan menjaga produk tetap
diproduksi dalam kualitas yang telah dibakukan diharapkan konsumen tetap
membeli/menggunakan produk tersebut.
Baca juga Mengapa Bisnis Anda Susah Berkembang
2. Produk yang ditawarkan kurang bersaing dengan produk
sejenis
Bisnis tanpa persaingan adalah hal yang mustahil. Apalagi di
era pasar global seperti ini, tatkala persaingan juga harus dilakukan dengan
produk-produk dari luar negeri. Untuk itu pengusaha harus memikirkan cara agar
produk yang ditawarkan memiliki kemampuan untuk bersaing dengan produk-produk
lain yang sejenis. Persaingan dapat menjadi trigger untuk terus berusaha mengembangkan
inovasi produk tapi juga dapat menyebabkan sepinya usaha apabila produk yang
dipunyai kalah bersaing. Pengusaha yang antisipatif harus berusaha membuat
produknya memiliki positioning yang baik di mata konsumen. Positioning adalah
bagaimana suatu produk dapat membekas di benak konsumen atau bagaimana persepsi
konsumen terhadap produk tersebut. Selain strategi positioning, dapat
menerapkan strategi diferensiasi untuk membedakan produk dengan produk pesaing
dan memperkuat branding yang telah dibangun.
3. Kurang pemasaran terhadap produk tersebut
Pemasaran adalah serangkaian proses usaha yang laksanakan
untuk merencanakan, menentukan harga jual, melakukan promosi serta
menyalurkannya kepada pembeli atau pemakai barang/jasa. Pemasaran sangat
diperlukan untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai suatu produk.
Penjualan produk tanpa pemasaran yang baik tidak akan menemui titik optimal.
Untuk itu pengusaha juga harus memikirkan strategi pemasaran yang sesuai dengan
produk yang di tawarkannya.
Baca juga Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru
4. Produk kurang inovatif
Pengerjaan suatu gagasan yang inovatif dapat
diimplementasikan kepada produk yang sama sekali baru dan belum diluncurkan
atau produk yang sudah ada tetapi ditindaklanjuti dengan berbagai percobaan
atau penelitian sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih konkret dan update,
atau melakukan perbaikan atau penyempurnaan terhadap suatu produk yang sudah
ada agar memberikan efek yang lebih fresh kepada konsumen.
5. Pelayanan yang diberikan kurang baik
Services atau pelayanan merupakan faktor yang penting dalam
proses penjualan suatu produk ke customer. Pelayanan yang baik dapat menjadi
pertimbangan apakah seorang customer jadi membeli atau tidak. Pelayanan yang
prima juga menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan calon customer.
Untuk itu pengusaha harus terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen, dan perlu memikirkan langkah-langkah pelayanan yang dapat
membuat konsumen tidak beralih ke produk yang lain.
Baca juga Cara Melayani Konsumen Yang Benar
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku,
Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat /
Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ;
Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB,
F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar