Kamis, 08 November 2018

Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

TERAMPUH, +62 813-9864-6177, Strategi Jitu Memasarkan Produk

Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Desain Ritel, Tips Meningkatkan Omset, Strategi Ritel, Tips Ritel, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.


Strategi Jitu Memasarkan Produk Baru

Memasarkan produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal masyarakat luas. Tak jarang kalangan perusahaan harus mencoba berbagai macam cara memasarkan produk baru dengan biaya pemasaran yang cukup besar, agar produk barunya bisa diterima oleh pasar.

Strategi pemasaran yang dilakukan diharapkan dapat mencapai sasaran-sasaran dari sebuah pemasaran produk. Pemasaran sebuah produk yang baru dirilis akan menuntut orang-orang yang tergabung kedalam divisi pemasaran pada perusahaan yang memproduksi barang baru tersebut agar cermat dan pandai dalam melakukan  komunikasi pemasaran. Selain karena strategi komunikasi pemasaran yang digunakan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk tersebut, penilaian masyarakat sebagai konsumen terhadap produk baru tersebut juga akan terpengaruh. Dengan menciptakan strategi pemasaran yang bagi sebuah produk yang baru dirilis, tingkat kepuasan pelanggan dan target penjualan juga akan tetap terjaga dengan baik.

Setiap perusahaan harus mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualan serta melakukan penyempurnaan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik. Memang untuk memasarkan sebuah produk baru tidaklah mudah, ditambah lagi biaya untuk pemasaran cukup besar. Namun semua itu dapat dimaksimalkan dengan menjalankan berbagai model komunikasi pemasaran ditambah lagi dengan mempelajari elemen komunikasi pemasaran yang dapat diketahui dari  teori komunikasi pemasaran agar produk baru tersebut diterima oleh konsumen.


Menurut Philip Kotler, Pemasaran  adalah merupakan suatu proses sosial yang dilakukan oleh  individu  dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan, mereka ingin ciptakan, meraka ingin tawarkan kepada orang lain. Pemasaran dibangun berdasarkan empat bagian utama yaitu pasar sebagai sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu dan profitabilitas. Oleh karena itu, agar berhasil memasuki sebuah pasar, orang-orang yang telah ditunjuk menjadi bagian pemasaran sebuah produk baru diharuskan memiliki strategi pemasaran produk baruk. Beberapa strategi pemasaran produk baru, diantaranya adalah :

1. Mengenal Pasar dan Target Market
Mengenal pasar dalam hal ini Anda harus mengetahui kualitas dan kegunaan produk yang akan dijual. Apakah produk Anda merupakan produk baru atau sudah banyak yang menjual? Ini perlu menjadi pertimbangan untuk mengatur strategi pemasaran produk.

Jika produk Anda merupakan produk yang baru, maka Anda memiliki jangkauan area yang luas untuk memasarkan produk. Namun jika produk yang dijual sebenarnya sudah banyak kompetitor, Anda perlu mengenal lebih jauh kelemahan-kelemahan produk yang dijual oleh saingan dan memperbaikinya di produk yang Anda jual untuk mendapatkan perhatian konsumen. Konsumen tentu lebih tertarik dengan produk yang memiliki lebih banyak kelebihan daripada kelemahnnya.

Selain mengenal pasar, Anda juga perlu memahami sasaran/ target market produk yang Anda jual. Dalam hal ini, produk tersebut dijual untuk siapa? Apakah untuk kaum muda atau tua, atau bahkan anak-anak? Anda perlu memikirkan hal ini untuk menentukan dimana dan kapan Anda akan melakukan promosi produk.

2. Perhatikan Kebutuhan Konsumen.
Kebutuhan masyarakat sebagai konsumen sangatlah beragam. Oleh karena itu sebelum memasarkan produk baru pada pasar yang telah ditentukan, kita juga harus memperhatikan produk apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan adanya kebutuhan terhadap produk tersebut, maka kita tidak akan terlalu sulit mencari konsumen karena bisa saja konsumenlah yang akan mencari produk yang kita pasarkan.

3. Membuat Kemasan Menarik untuk Produk
Ada pepatah yang mengatakan “Jangan menilai sesuatu dari kulitnya”. Namun, dalam strategi pemasaran produk baru yang baik, kita harus memperhatikan segala aspek. Termasuk kemasan produk yang dijual. Kemasan produk yang menarik tidak sekedar tampilan saja. Namun, harus ada sesuatu yang dapat membuat produk yang dijual berkesan dan diingat oleh konsumen. Ada banyak konsumen yang lebih mudah mengingat sebuah produk karena kemasan produk tersebut sangat berkesan.


4. Memilih Lokasi Pemasaran yang Tepat
Yang pertama kali terlintas dalam benak kita saat akan melakukan promosi produk adalah  “dimana kita akan memasarkan produk ini?”. Strategi sebelumnya menjadi penentu untuk menentukan dimana Anda akan menjual produk. Sebagai contoh, jika target pasar adalah anak sekolah maka Anda harus memilih lokasi pemasaran yang dekat dengan sekolah, tempat bimbel maupun tempat nongkrong anak-anak sekolah. Anda bisa memasang banner promosi produk di lokasi-lokasi tersebut yang memungkinkan mereka untuk melihatnya.

5. Lakukan Promosi
Promosi yang dilakukan akan sangat penting dan berguna sekali sebagai alat untuk memperkenalkan sebuah produk baru. Sewaktu melakukan promosi, perhatikan juga elemen pendukung lainya seperti lokasi pasar, target konsumen, posisi produk yang dipromosikan, harga dari sebuah produk, serta lokasi tempat promosi berlangsung. Strategi promosi yang baik juga akan menunjukkan kualitas produk yang ditawarkan terlebih lagi jika produk baru tersebut ditawarkan dengan harga promosi yang cukup murah dan disertai dengan bonus atau hadiah-hadiah yang menarik.

6. Berani Tampil Beda
Berani menampilkan promosi pemasaran yang berbeda dari yang lain serta berani berfikir untuk keluar dari jalur pemasaran yang biasa dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan dan memberikan citra produk yang berbeda dengan produk sejenis dari perusahaan lain. Jangan terus mengikuti pasar, cobalah untuk tampil beda dan menggebrak pasar dengan produk baru yang kita pasarkan.

7. Manfaatkan Media Online
Hampir sebagian masyarakat kita sudah pasti punya gadget atau smartphone masing-masing. Ini harus masuk ke daftar startegi pemasaran produk Anda. Anda bisa melakukan pemasaran atau memasang iklan di website, marketplace atau beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Kunjungi marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Kaskus, OLX, atau sejenisnya yang bisa Anda gunakan secara gratis atau berbayar bila ingin menikmati fitur premium.

8. Menjadi Sponsor Sebuah Kegiatan
Strategi yang juga sangat jitu dalam memasarkan sebuah produk baru adalah dengan menjadikan brand atau merk dari produk tersebut sebagai sponsor dari sebuah kegiatan. Ketika produk tersebut menjadi sponsor pada sebuah kegiatan, maka brand atau merk produk tersebut akan terpampang dengan jelas dan diketahui oleh banyak orang. Selain itu kita juga dapat memasarkan produk tersebut sewaktu kegiatan tersebut sedang berlangsung.

Misalnya bisnis Anda menjual produk bahan makanan (misalnya tepung terigu) dan menjadi salah satu sponsor pada kegiatan lomba membuat kue. Saat kegiatan berlangsung, bahan makanan yang digunakan oleh peserta adalah produk Anda. Cara pemasaran produk seperti ini sangat efektif karena produk yang digunakan adalah produk yang Anda jual. Namun, tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menjadi sponsor untuk kegiatan lainnya, tak melulu acara bertajuk kuliner.

9. Memberikan Insentif untuk Rekomendasi Pelanggan
Strategi pemasaran produk baru dengan cara word of mouth (promosi dari mulut ke mulut) adalah salah satu cara pemasaran yang sangat efektif. Seperti yang pernah dibahas pada salah satu artikel di Maxmanroe.com, promosi seperti ini biasanya lebih mudah dipercaya orang lain karena direkomendasikan oleh orang yang dikenal. Anda bisa menawarkan insentif kepada konsumen yang mau merekomendasikan produk Anda kepada teman atau kerabatnya. Insentif yang diberikan bisa berupa voucher, kupon diskon, uang, atau bahkan produk Anda sendiri.


10. Minta Testimoni Pelanggan
Jika promosi yang dilakukan memungkinkan kita untuk memuat testimoni dari para pelanggan, maka cobalah untuk mulai meminta testimoni dari para pelanggan. Testimoni dari para pelanggan akan memberikan kita pengetahuan yang lebih tentang produk yang kita pasarkan. Selain itu terimalah kritik dan saran dari para pelanggan.

Itulah beberapa strategi pemasaran produk baru yang mungkin bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan produk anda. Strategi pemasaran  diatas akan berjalan dengan baik jika dilakukan dengan tepat dan bersungguh-sungguh. Jika saat kegiatan pemasaran dan promosi yang dilakukan saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan dan sulit untuk bersaing dengan para pesaing anda, tetaplah fokus pada tujuan anda karena pasti ada massanya produk yang anda pasarkan diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat. Penjual yang baik mampu menyesuaikan diri dengan konsumen, paham dengan apa yang diinginkan oleh konsumen serta mengerti kapan saatnya memberikan kebutuhan para konsumen.

Selain itu berinteraksilah dengan banyak orang dan berusahalah untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Jangan langsung putus asa ketika memiliki keterbatasan bujet untuk memasarkan sebuah produk baru karena masih banyak sekali cara yang dapat digunakan sebagai bagian dari pemasaran produk anda. Biaya pemasaran tidak akan menjadi masalah yang berarti ketika anda dapat berbaur dengan orang banyak serta mengalokasikan biaya tersebut dengan tepat.

Semoga uraian dan penjelasan kami mengenai strategi pemasaran produk baru diatas dapat anda pahami dengan baik serta memiliki manfaat untuk anda. Kami berkeyakinan, jika anda melakukan strategi pemasaran dengan baik dan tepat, maka produk yang anda pasarkan akan mampu bersaing dengan produk sejenis meskipun merk produk tersebut lebih terkenal dari produk anda.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...