Rabu, 07 November 2018

Agar Omset Naik Lakukan Hal Berikut | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Cara Jitu Meningkatkan Omset

Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Meningkatkan Omset Minimarket,  Tips Meningkatkan Omset, Strategi Ritel, Tips Ritel, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.


Cara Meningkatkan Omset Ritel
Di dalam usaha Anda diperlukanlah sebuah cara yang mencakup kurun waktu tertentu baik dalam hitungan bulan maupun hitungan tahun. Caralah yang membedakan Anda yang mendahului atau memimpin di pasar dibandingkan dengan Anda yang menjadi pesaingnya. Oleh karena itu, penting sekali menyusun cara dengan kemungkinan keberhasilan (success probability) paling besar dalam meningkatkan omzet penjualan. Berhasilnya sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingginya penjualan. Dengan cara yang tepat anda akan memperoleh hasil yang maksimal atas investasi yang ditanam. Angka-angka penjualan adalah realitas bisnis yang mencerminkan ukuran besar tidaknya anda dan seberapa besar keuntungan yang terkandung di dalamnya.


Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat sekarang ini, menggunakan tips konvensional akan membuat Anda tertinggal. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa cara modern berikut ini untuk meningkatkan pengunjung dan omset Anda.

Ø  Buat Display Toko Anda Semenarik Mungkin
Sebagus apapun produk atau jasa Anda, ketika Anda tidak bisa membungkus semenarik mungkin, calon pembeli Anda akan merasa ragu. Cara pertama dari tips modern untuk meningkatkan jumlah pengunjung adalah membuat display toko Anda semenarik mungkin. Buat sebuah tema, konsep, ataupun desain yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Misalnya Anda mempunyai café atau restoran untuk anak muda, Anda bisa membuat tema klasik, tema sepakbola, atau tema apapun yang membuat calon pelanggan Anda tertarik. Begitu pula ketika Anda mempunyai toko baju distro. Anda bisa membuat display pakaian semenarik mungkin. Bisa dengan cara menumpuk atau membuat desain lebih menarik lainnya. Buat calon pelanggan Anda yang datang di toko berkesan dengan toko Anda.

Ø  Berikan Pelayanan Maksimal
Dalam melakukan sebuah penjualan, hal pertama anda lakukan yaitu memberikan kesan baik kepada pelanggan Anda. Semua pelanggan pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama membeli produk Anda karena didorong oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan toko anda dan bisnis anda di depan banyak orang. Beri layanan yang memuaskan dan pelanggan akan kembali kepada anda.

Jadi, Anda bisa menggunakan cara yang lebih halus yaitu selalu menyambut setiap calon pelanggan Anda. Biarkan pelanggan Anda berkeliling, dan selalu siap siaga ketika calon pelanggan tersebut bertanya atau membutuhkan bantuan Anda. Memberikan pelayanan maksimal bukan berarti selalu mengikuti kemanapun mereka pergi bukan?

Ø  Jaga Selalu Stock Barang Anda
Ketika Anda mendirikan sebuah bisnis, usahakan Anda mempunyai salah satu menu ataupun barang yang menjadi andalan Anda. Buat mindset kepada calon pelanggan Anda bahwa, jika ingin membeli produk A akan selalu ingat dengan bisnis Anda.

Setelah Anda mempunyai menu atau produk andalan, sekarang saatnya Anda harus menjaga selalu stock barang Anda. Hampir setiap calon pelanggan Anda akan mempunyai perbandingan, mulai dari harga, kualitas, dan tentu ketersediaan barang. Ketika di toko Anda tidak menyediakan stock, calon pleanggan Anda akan dengan senang hati pergi meninggalkan toko Anda.

Ø  Coba Tawarkan Barang Atau Produk Tambahan
Ini adalah cara yang lumayan ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke retail shop Anda. Ketika pengunjung Anda sedang berada di toko Anda, mereka tidak mungkin mengamat satu per satu barang atau jasa yang Anda punyai. Untuk mengatasinya, Anda bisa menawarkan barang atau produk tambahan ketika mereka akan selesai berbelanja.

Misalnya calon pelanggan Anda membeli kemeja, Anda bisa menawarkan celana ataupun aksesoris lain. Cara ini akan membuat pelanggan Anda berpikir bahwa di toko Anda, mempunyai produk yang lengkap dan bersaing.

Ø  Melakukan Promosi Secara Efektif
Beberapa trik efektif untuk membuat pelanggan melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar. Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk ini bertujuan agar pelanggan membeli produk kita lebih dari satu produk, misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa, dan sebagainya). Sehingga omset penjualan yang kita dapat lebih dari satu jenis produk dan pelanggan pun mendapatkan variasi produk.

Ø  Manfaatkan Toko Online Dan Sosial Media
Setelah Anda sukses dengan retail shop, sekarang saatnya membuka toko online atau e-commerce. Anda bisa membuat website dan juga memanfaatkan social media untuk mempromosikan website Anda. Toko online akan membuat calon pelanggan Anda bisa melihat produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Setelah mereka mengetahui produk atau jasa Anda, mereka dapat memilih ingin membeli secara online ataupun datang langsung ke toko Anda.

Selain itu, memanfaatkan social media untuk promosi sedikit banyak berpengaruh kepada jumlah pengunjung toko Anda. Manfaatkan Facebook, Twitter, maupun Instagram untuk mengupdate barang atau jasa Anda.

Ø  Gunakan Customer Service Via Online Dan Offline
Walaupun produk atau jasa Anda tidak mempunyai garansi, memanfaatkan customer service untuk menampung kritik dan saran akan berguna pada berkembangan bisnis Anda. Begitu juga sebaliknya, ketika produk atau jasa Anda mempunyai garansi, hadirnya customer service via online dan offline adalah wajib hukumnya.

Pengelolaan customer service sekarang bisa lebih mudah dengan hadirnya software automation. Anda tidak lagi pusing membalas berpuluh-puluh transaksi, kritik saran ataupun complain melalui email, chatting maupun di social media. Semakin cepat customer service Anda membalas complain atau masukan dari pelanggan, akan semakin menumbuhkan kepercayaan pelanggan.

Ø  Persingkat Cycle Time Dari Penjualan Anda.
Menjual hanya dengan cara klasik dengan menunggu konsumen datang akan memakan waktu yang sangat lama. Ubah pola Anda dengan sistem jemput bola. Strategi meningkatkan penjualan ini terbukti selalu efektif untuk memotong tempo penjualan Anda. Ada banyak cara untuk Anda menjemput bola. Bisa dengan sistem direct selling, menyediakan tim sales promotion di lapangan atau membuat penawaran khusus secara personal ke calon konsumen melalui facebook, twitter atau by phone. Hanya saja ada hal yang perlu Anda perhatikan. Anda akan bersentuhan dengan privasi konsumen, so mereka bisa merasa terganggu. Cari waktu dan pendekatan yang tepat.

Ø  Mengutamakan Kualitas Dan Inovasi Produk
Tidak bisa dimungkiri lagi, kualitas produk adalah salah satu syarat utama untuk meningkatkan tingkat penjualannya. Dengan produk yang berkualitas, anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan banyak custumer. Saat satu custumer puas dengan kualitas produk tersebut, dia tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain. Daripada anda membuang uang untuk melakukan promosi, biarkanlah pelanggan anda yang melakukannya secara otomatis tanpa kita sadari Selama mereka diperlakukan dengan baik, mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis anda ke keluarga atau kerabat.

Bisnis dengan produk yang sama di pasaran tidak akan tercapai maksimal jika anda hanya mengandalkan produk yang lama tanpa mengubah nilai dari produk tersebut. Inovasi sangat diperlukan bagi kelancaran usaha anda sekalipun anda memiliki modal yang cukup besar. Sebuah inovasi dalam bisnis itu mutlak diperlukan agar kita dapat bersaing didunia retail, namun tidak harus dilaksanakan atau dilakukan untuk mengubah produk lama secara keseluruhan. Inovasi merupakan suatu cara bagi anda untuk membuat suatu produk baru dengan metode baru atau dengan desain baru yang lebih baik dari produk lama yang telah atau belum pernah dipasarkan. inovasi juga bisa disebabkan karena permintaan pasar yang ingin mendapatkan barang baru dengan fungsi yang berbeda. Barang atau produk yang lama memang laku di pasaran namun konsumen menginginkan produk baru yang juga sama menariknya dengan produk lama. Kedua produk itu nantinya bisa memuaskan kebutuhan konsumen sehingga dapat meningkatkan omset penjualan toko.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...