JASA KONSULTAN RITEL
TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Cara Jitu Meningkatkan Omset
Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Meningkatkan Omset Minimarket, Tips Meningkatkan Omset, Strategi Ritel, Tips Ritel, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.
Cara Meningkatkan Omset Ritel
Di dalam usaha Anda
diperlukanlah sebuah cara yang mencakup kurun waktu tertentu baik dalam
hitungan bulan maupun hitungan tahun. Caralah yang membedakan Anda yang
mendahului atau memimpin di pasar dibandingkan dengan Anda yang menjadi
pesaingnya. Oleh karena itu, penting sekali menyusun cara dengan kemungkinan
keberhasilan (success probability) paling besar dalam meningkatkan omzet
penjualan. Berhasilnya sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingginya
penjualan. Dengan cara yang tepat anda akan memperoleh hasil yang maksimal atas
investasi yang ditanam. Angka-angka penjualan adalah realitas bisnis yang
mencerminkan ukuran besar tidaknya anda dan seberapa besar keuntungan yang
terkandung di dalamnya.
Banyak sekali cara
yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung toko. Dengan
kemajuan teknologi yang semakin pesat sekarang ini, menggunakan tips
konvensional akan membuat Anda tertinggal. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan
beberapa cara modern berikut ini untuk meningkatkan pengunjung dan omset Anda.
Ø Buat Display
Toko Anda Semenarik Mungkin
Sebagus apapun produk
atau jasa Anda, ketika Anda tidak bisa membungkus semenarik mungkin, calon
pembeli Anda akan merasa ragu. Cara pertama dari tips modern untuk meningkatkan
jumlah pengunjung adalah membuat display toko Anda semenarik mungkin. Buat sebuah
tema, konsep, ataupun desain yang unik dan berbeda dengan yang lain.
Misalnya Anda mempunyai
café atau restoran untuk anak muda, Anda bisa membuat tema klasik, tema
sepakbola, atau tema apapun yang membuat calon pelanggan Anda tertarik. Begitu
pula ketika Anda mempunyai toko baju distro. Anda bisa membuat display pakaian
semenarik mungkin. Bisa dengan cara menumpuk atau membuat desain lebih menarik
lainnya. Buat calon pelanggan Anda yang datang di toko berkesan dengan toko
Anda.
Ø Berikan Pelayanan
Maksimal
Dalam melakukan sebuah
penjualan, hal pertama anda lakukan yaitu memberikan kesan baik kepada pelanggan
Anda. Semua pelanggan pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama membeli
produk Anda karena didorong oleh suatu kebutuhan atau keinginan yang harus
dipenuhi. Berapapun uang yang mereka keluarkan, berapapun produk yang mereka
beli, mereka mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Jika mereka
dikecewakan, mereka tidak akan sungkan-sungkan untuk menjelek-jelekkan toko
anda dan bisnis anda di depan banyak orang. Beri layanan yang memuaskan dan pelanggan
akan kembali kepada anda.
Jadi, Anda bisa
menggunakan cara yang lebih halus yaitu selalu menyambut setiap calon pelanggan
Anda. Biarkan pelanggan Anda berkeliling, dan selalu siap siaga ketika calon
pelanggan tersebut bertanya atau membutuhkan bantuan Anda. Memberikan pelayanan
maksimal bukan berarti selalu mengikuti kemanapun mereka pergi bukan?
Ø Jaga Selalu
Stock Barang Anda
Ketika Anda mendirikan
sebuah bisnis, usahakan Anda mempunyai salah satu menu ataupun barang yang
menjadi andalan Anda. Buat mindset kepada calon pelanggan Anda bahwa, jika
ingin membeli produk A akan selalu ingat dengan bisnis Anda.
Setelah Anda mempunyai
menu atau produk andalan, sekarang saatnya Anda harus menjaga selalu stock
barang Anda. Hampir setiap calon pelanggan Anda akan mempunyai perbandingan,
mulai dari harga, kualitas, dan tentu ketersediaan barang. Ketika di toko Anda
tidak menyediakan stock, calon pleanggan Anda akan dengan senang hati pergi
meninggalkan toko Anda.
Ø Coba Tawarkan
Barang Atau Produk Tambahan
Ini adalah cara yang
lumayan ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke retail shop Anda. Ketika
pengunjung Anda sedang berada di toko Anda, mereka tidak mungkin mengamat satu
per satu barang atau jasa yang Anda punyai. Untuk mengatasinya, Anda bisa
menawarkan barang atau produk tambahan ketika mereka akan selesai berbelanja.
Misalnya calon
pelanggan Anda membeli kemeja, Anda bisa menawarkan celana ataupun aksesoris
lain. Cara ini akan membuat pelanggan Anda berpikir bahwa di toko Anda,
mempunyai produk yang lengkap dan bersaing.
Ø Melakukan
Promosi Secara Efektif
Beberapa trik efektif
untuk membuat pelanggan melakukan pembelian produk kita dalam jumlah besar.
Langkah sederhana ini adalah dengan membuat paket-paket produk. Paket produk
ini bertujuan agar pelanggan membeli produk kita lebih dari satu produk,
misalnya saja paket bundling, paket hemat, paket premium ataupun paket-paket
saat periode tertentu (hari besar, hari istimewa, dan sebagainya). Sehingga omset
penjualan yang kita dapat lebih dari satu jenis produk dan pelanggan pun
mendapatkan variasi produk.
Ø Manfaatkan Toko
Online Dan Sosial Media
Setelah Anda sukses
dengan retail shop, sekarang saatnya membuka toko online atau e-commerce. Anda
bisa membuat website dan juga memanfaatkan social media untuk mempromosikan
website Anda. Toko online akan membuat calon pelanggan Anda bisa melihat produk
atau jasa apa yang Anda tawarkan. Setelah mereka mengetahui produk atau jasa
Anda, mereka dapat memilih ingin membeli secara online ataupun datang langsung
ke toko Anda.
Selain itu,
memanfaatkan social media untuk promosi sedikit banyak berpengaruh kepada
jumlah pengunjung toko Anda. Manfaatkan Facebook, Twitter, maupun Instagram
untuk mengupdate barang atau jasa Anda.
Ø Gunakan Customer
Service Via Online Dan Offline
Walaupun produk atau
jasa Anda tidak mempunyai garansi, memanfaatkan customer service untuk
menampung kritik dan saran akan berguna pada berkembangan bisnis Anda. Begitu
juga sebaliknya, ketika produk atau jasa Anda mempunyai garansi, hadirnya
customer service via online dan offline adalah wajib hukumnya.
Pengelolaan customer
service sekarang bisa lebih mudah dengan hadirnya software automation. Anda
tidak lagi pusing membalas berpuluh-puluh transaksi, kritik saran ataupun
complain melalui email, chatting maupun di social media. Semakin cepat customer
service Anda membalas complain atau masukan dari pelanggan, akan semakin
menumbuhkan kepercayaan pelanggan.
Ø Persingkat Cycle
Time Dari Penjualan Anda.
Menjual hanya dengan
cara klasik dengan menunggu konsumen datang akan memakan waktu yang sangat
lama. Ubah pola Anda dengan sistem jemput bola. Strategi meningkatkan penjualan
ini terbukti selalu efektif untuk memotong tempo penjualan Anda. Ada banyak
cara untuk Anda menjemput bola. Bisa dengan sistem direct selling, menyediakan
tim sales promotion di lapangan atau membuat penawaran khusus secara personal
ke calon konsumen melalui facebook, twitter atau by phone. Hanya saja ada hal
yang perlu Anda perhatikan. Anda akan bersentuhan dengan privasi konsumen, so
mereka bisa merasa terganggu. Cari waktu dan pendekatan yang tepat.
Ø Mengutamakan
Kualitas Dan Inovasi Produk
Tidak bisa dimungkiri
lagi, kualitas produk adalah salah satu syarat utama untuk meningkatkan tingkat
penjualannya. Dengan produk yang berkualitas, anda tidak perlu menunggu waktu
lama untuk mendapatkan banyak custumer. Saat satu custumer puas dengan kualitas
produk tersebut, dia tidak akan segan-segan mempromosikannya dengan orang lain.
Daripada anda membuang uang untuk melakukan promosi, biarkanlah pelanggan anda
yang melakukannya secara otomatis tanpa kita sadari Selama mereka diperlakukan
dengan baik, mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis anda ke
keluarga atau kerabat.
Bisnis dengan produk
yang sama di pasaran tidak akan tercapai maksimal jika anda hanya mengandalkan
produk yang lama tanpa mengubah nilai dari produk tersebut. Inovasi sangat
diperlukan bagi kelancaran usaha anda sekalipun anda memiliki modal yang cukup besar.
Sebuah inovasi dalam bisnis itu mutlak diperlukan agar kita dapat bersaing
didunia retail, namun tidak harus dilaksanakan atau dilakukan untuk mengubah
produk lama secara keseluruhan. Inovasi merupakan suatu cara bagi anda untuk
membuat suatu produk baru dengan metode baru atau dengan desain baru yang lebih
baik dari produk lama yang telah atau belum pernah dipasarkan. inovasi juga
bisa disebabkan karena permintaan pasar yang ingin mendapatkan barang baru
dengan fungsi yang berbeda. Barang atau produk yang lama memang laku di pasaran
namun konsumen menginginkan produk baru yang juga sama menariknya dengan produk
lama. Kedua produk itu nantinya bisa memuaskan kebutuhan konsumen sehingga
dapat meningkatkan omset penjualan toko.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar