JASA KONSULTAN RITEL
TERBAIK, +62 813-9864-6177, Strategi Pemasaran Bisnis Ritel
Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Tangerang, Konsultan Bisnis Cirebon
Strategi
marketing bisnis ritel adalah pemasaran yang mengacu kepada variabel, dimana
pedagang eceran dapat mengkombinasikan menjadi jalan alternatif sebagai suatu
strategi pemasaran untuk dapat menarik konsumen.
Variabel
tersebut umumnya meliputi faktor seperti: variasi barang dagangan dan jasa yang
ditawarkan, harga, iklan, promosi, dan tata ruang, desain store, lokasi store,
dan merchanding. Untuk menjaga kelangsungan hidup serta kemajuan dan keunggulan
dalam bisnis eceran yang semakin kompetitif, maka pengelola bisnis harus
berupaya menerapkan strategi berupa program bauran penjualan eceran yang
diharapkan memunculkan minat konsumen.
Komponen
produk, harga, tempat, dan promosi atau lebih dikenal dengan 4P (product,
price, place, and promotion) dengan menitikberatkan perhatian yang berbeda-beda
pada keempat variabel tersebut, karena tergantung kepada si pembuat keputusan
pemasarannya untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang cenderung berubah-ubah
yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai tujuan
perusahaan.
Jenis
Strategi Marketing Bisnis Ritel
1.
Pelayanan Prima
Memberikan
keramahan dan kesigapan pramuniaga dalam melayani, akan membuat para pelanggan
memberikan rasa respect yang tinggi. Sambutan awal ketika konsumen datang ,
ditambah senyuman tulus dari bibir pelayan akan memberi kenyamanan bagi setiap
konsumen yang datang. Berapa pun yang ia belanjakan, tetaplah konsisten
memberikan pelayanan yang sama. Beri bantuan jika pelanggan mengalami kesulitan
saat mencari suatu barang yang diinginkan.
Pelayanan
prima adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit, bahkan sering dianggap
sepele dalam penerapannya. Ciptakan pegawai yang berkomitmen untuk memberi
keramahan dan lebih baik lagi mengeluarkan aura semangat, antusias, dan energik
saat membantu costumer.
Senyuman
yang muncul kepada pelanggan akan memberi kenyamanan secara psikologis. Karena,
hal tersebut akan menjadi suatu hal yang berkesan bagi para pengunjung. Mereka
akan menjadi agen pemasaran ritel Anda secara faktual dan menceritakan
pengalamannya saat berbelanja di ritel Anda.
Baca juga Tips Memulai Usaha bagi Ibu Rumah Tangga
2.
Permudah Transaksi
Terkadang
berbelanja di outlet ritel akan menjadi hal yang menjengkelkan bagi konsumen
yang tak betah berlama-lama mengantre. Maka Anda bisa menyediakan beberapa
kasir sehingga sirkulasi pembayaran bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada
antrean menunggu dan akan membuat suasana tidak kondusif.
Buatlah
loket kasir khusus, pisahkan pelanggan yang membayar dengan uang tunai dan
pengguna kartu kredit ataupun debit. Maka ritel harus menyediakan mesin
Electronic Data Capture (EDC) di beberapa loket kasir, sehingga pelanggan yang
tidak membawa uang tunai bisa masuk ke kasir khusus dan mampu memecah antrean.
3.
Tentukan Lokasi
Berdirinya
outlet ritel, baik besar maupun kecil harus mampu menjadi magnet para
pelanggan. Maka lokasi masih menjadi daya dukung ramai atau tidaknya ritel yang
telah berdiri. Sediakan barang yang dibutuhkan para penghuni rumah.
4.
Sediakan Aneka Barang
Konsumen
tak selalu membeli barang yang sama setiap hari. Berbagai keperluan yang
mendesak menjadi pendorong untuk datang dan berbelanja ke outlet ritel.
Meskipun demikian, sediakan berbagai barang ataupun kudapan. Biasanya konsumen
yang sudah selesai mendapatkan barang yang ia butuhkan akan menambah barang
sekunder lainnya.
Strategi Marketing untuk Penjualan Produk
Dalam
menjual suatu produk diperlukan teknik dan juga strategi pemasaran produk yang
ampuh, sehingga penjualan produk dapat meningkat dan keuntungan pun jadi
berlipat.
Dalam
usaha penjualan produk, teknik dan strategi pemasaran sangat berpengaruh pada
jumlah penjualan produk yang Anda akan jual. Selain mempertahankan proses
marketing, Anda juga dapat membuat para konsumen Anda tetap loyal terhadap
pembelian produk Anda.
Baca juga Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja
1)
Kenali Pasar dan Calon Pelanggan
Sebelum
menjual produk, Anda perlu mengenali dan mengidentifikasi pasar yang akan
dituju dan tentu saja sasaran dari calon pembeli dan pelanggan Anda. Targetkan
beberapa target market Anda menjadi beberapa kategori.
Dengan
mengetahui target pasar dan pelanggan, Anda tidak akan membuang banyak waktu
dan tenaga, bahkan bisa lebih fokus dengan sasaran Anda. Ketika Anda memiliki
pelanggan dari toko Anda, hubungan antarpembeli dan penjual juga perlu
diperhatikan.
2)
Pemilihan Lokasi Pemasaran
Dalam
menjual produk, lokasi pemasaran juga menentukan omzet penjualan produk Anda.
Tidak mungkin bisa menjual produk di tempat yang sepi dan tidak banyak dilewati
orang. Demikian juga sesuaikan produk yang Anda jual dengan target pasar Anda.
3)
Membagi Produk Sample dan Promo Menarik
Saat
ini banyak promo menarik seperti buy 1 get 1 free atau beli 2 dapat potongan
50% untuk pembelian ke-3. Siapa yang tidak tergiur dengan promo? Bahkan mereka
yang sebetulnya tidak memerlukan produk tersebut sebelumnya, karena melihat
tawaran promo yang menggiurkan malahan berubah pikiran untuk membelinya.
Munculkan ide-ide kreatif Anda dalam melakukan pemasaran.
4)
Gunakan Media Sosial
Di
era digital ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi atau
pemasaran produk Anda untuk menjangkau konsumen tanpa batas. Dengan menggunakan
media sosial, Anda juga tidak perlu repot-repot dalam memasarkan produk Anda,
karena Anda cukup dengan memposting produk Anda ke media sosial melalui komputer/laptop,
ponsel, atau tablet.
Strategi
marketing sangat dibutuhkan untuk bisnis ritel agar produk yang Anda jual dapat
lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dan tentu saja Anda mendapatkan
banyak pelanggan. Jika Anda fokus pada strategi marketing yang Anda jalankan,
maka penjualan Anda pun akan semakin meningkat da menambah keuntungan bagi
bisnis Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar