Minggu, 24 Februari 2019

9 Tips Agar Karyawan Betah dan Nyaman Bekerja dengan Anda | Konsultan Bisnis Dan Manajemen


JASA KONSULTAN RITEL

TERBAIK, +62 813-9864-6177, Tips Agar Karyawan Betah dan Nyaman Bekerja dengan Anda

Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Tangerang, Konsultan Bisnis Cirebon




Bagaimana Agar Karyawan Betah dan Nyaman Bekerja dengan Anda ? Seperti yang diketahui bersama, karyawan merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Bisa dibilang mereka adalah aset utama bagi perusahaan.

Karena itulah, setiap pemimpin wajib untuk membuat karyawan betah dan nyaman bekerja dengan Anda. Bila hal tersebut sudah dilakukan, maka kesolidan antara karyawan dan pemimpin akan membuat perusahaan semakin lebih baik lagi.

Silih bergantinya karyawan dalam waktu yang singkat tentunya akan menganggu kinerja perusahaan. Oleh karenanya, sebagai pemimpin harus peka terhadap situasi tersebut barangkali mereka tidak nyaman dengan situasi dan kondisi di perusahaan.

Sebagai pemimpin memang tidak memaksakan karyawannya untuk terus berada di perusahaan tersebut. Namun, setidaknya ketika Anda menjabat karyawan yang berada di bawah kepemimpinan Anda bisa betah dan nyaman bekerja.

Nah, dari pemaparan di atas berikut akan dipaparkan mengenai tips agar karyawan betah dan nyaman saat bekerja. Seperti apakah ulasannya?Ini Dia Pemaparannya!

1. Apresiasi Pekerjaan Karyawan Anda
Selama 8 jam lamanya karyawan Anda bekerja dan mengerjakan sesuatu yang baik untuk perusahaan. Karena itu, jangan lupa untuk memberikan apresiasi sekecil apapun pada karyawan Anda.

Terlebih jika karyawan Anda mampu membuat sebuah prestasi yang sangat baik untuk perusahaan.

Besar atau kecilnya apresiasi tersebut akan memberikan efek merasa dihargai, betah dikantor, lebih percaya diri dan juga lebih semangat kembali untuk menorehkan prestasi terbaiknya di perusahaan Anda.

Apresiasi tersebut bisa lewat tulisan, ucapan, ataupun dalam bentuk hal lain yang pantas untuk diterimanya.

2. Penuhi Hak Karyawan dengan Baik
Bila karyawan Anda sudah mengerjakan kewajibannya dengan baik, maka wajib untuk seorang pemimpin memberikan hak karyawan dengan baik.

Hak disini biasanya berupa gaji intensif bulanan yang memang rutin diterima oleh karyawan setiap bulannya.

Hak tersebut jangan sampai telah untuk diberikan karena sejatinya mereka sangat membutuhkannya untuk keluarga ataupun dirinya sendiri.

Berikan pula hak tersebut sesuai dengan penilaian kinerja yang dilakukannya dan atas kesepakatan Anda dengan karyawan saat menandatangi kontrak.


Jika ada perubahan pembagian hak atau perubahan nominal komunikasikanlah di awal. Jangan sampai mereka kecewa karena hak yang diberikan tidak sesuai dengan kesepakatan di awal.

Sesekali jika karyawan Anda bekerja dnegan baik, berilah bonus gaji yang memang layak. Dengan begitu karyawan Anda akan betah dan nyaman bekerja.

Pemberian bonus atau menaikkan gaji karyawan bukan untuk melenakan. Tetapi untuk membuat mereka semakin semangat dalam bekerja.

3. Buat Jenjang Karier yang Jelas untuk Karyawan
Adanya jenjang karier yang jelas di sebuah perusahaan, merupakan suatu cara tersendiri agar karyawan Anda betah dan nyaman bekerja.

Setiap orang yang bekerja tentunya ingin memiliki finansial dan jabatan yang lebih baik dari sebelumnya.

oleh karena itu, Anda sebagai pemimpin harus membuat sistem jenjang karier yang jelas agar para karyawan bisa berlomba-lomba dan juga semangat untuk mencapai karier tersebut.

Jenjang karier yang ditawarkan bisa dimulai dari supervisor, manajer cabang atau daerah, kepala marketing, SDM dan lain sebagainya yang sesuai dengan karyawan Anda.

4. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Karyawan
Banyak karyawan yang tidak betah di kantor dikarenakan pemimpin yang terlalu menjaga jarak dengan karyawan. Terlebih jika pemimpin tersebut sering emosional tanpa sebab yang jelas.

Oleh karenanya, agar tidak terjadi pergantian karyawan dengan cepat karena tidak betah dikantor maka seorang pemimpin harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan karyawan.

Menjalin hubungan yang baik tersebut bisa dengan mengadakan acara silahturahim sebulan sekali antara pemimpin dan karyawan.

Bisa pua dengan merencanakan liburan bersama, mengunjungi karyawan yang sedang sakit, atau menghadiri pernikahan karyawan, makan malam bersama, dan lain sebagainya.

Dengan terjalinnya hubungan baik tersebut, maka selain akan memperkuat tim Anda juga akan membuat karyawan merasa betah dan nyaman bekerja di perusahaan Anda.

5. Buat Suasana Kantor yang Kondusif
Langkah selanjutnya agar para karyawan merasa betah dan nyaman bekerja adalah dengan cara menciptakan suasana kantor yang kondusif.

Kondusif dalam hal ini adalah saling menghaormati antara karyawan dan juga divisi, buat komunikasi antara karyawan dan pemimpin dengan lancar. Redam emosi Anda sebagai pemimpin jangan sampai dicap sebagai pemimpin yang gampang marah.

Tentunya untuk menciptakan suasana kondusif tersebut harus dilakukan pertemuan rutin sebulan sekali dimana para pemimpin dan karyawan bisa saling membaur.

Selain itu, bisa pula mengadakan sebuah forum yang berisikan tentang penyampaian unek-unek karyawan kepada pemimpin atau perusahaan. Hal ini sangat bermanfaat untuk menciptakan suasana kantor yang kondusif dan juga nyaman.


6. Beri Ruang Kreativitas untuk Karyawan
Berikan kesempatan kepada karyawan Anda untuk memberikan saran atau ide-ide kreatif yang dimilikinya. Tentunya karyawan tersebut akan merasa senang untuk bisa bereksplorasi dan bisa untuk mengembangkan dirinya.

Ide yang dibuat karyawan pun tidak lain untuk kemajuan perusahaan Anda. Oleh karena itu, berikan mereka ruang untuk bisa berkreasi lewat ide-ide yang dimilikinya.

Jika memang tidak sesuai, jangan langsung untuk mematahkan ide tersebut. Namun, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menampung ide tersebut untuk bisa disempurnakan.

Hal ini dilakukan agar karyawan betah dan nyaman bekerja bersama Anda. Mereka juga memiliki andil besar untuk memajukkan perusahaan dari ide-ide kreatif yang dimilikinya.

7. Berikan Fasilitas yang Sesuai untuk Karyawan
Setiap karyawan yang bekerja layak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Tentunya yang bisa menjamin hal tersebut adalah perusahaan tempat mereka bekerja.

Oleh karena itu, selain harus dituntut bekerja sesuai target para karyawan pun berhak untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang sesuai dengannya.

Fasilitas yang dimaksud bisa berupa tunjangan untuk hari raya, tunjangan kesehatan, makan, transport sampai kendaraan jika memang dibutuhkan.

Sama halnya dengan pemberian hak intensif yang diberikan setiap bulan, adanya fasilitas ini bukan untuk “memanjakan” karyawan namun untuk kemajuan perusahaan Anda sendiri.

Para karyawan akan merasa dihargai dan juga terjamin kehidupannya. Karena salah satu tujuan bekerja adalah memperoleh pendapatan yang layak untuk keberlangsungan hidup.

Selain fasilitas di atas sediakan pula kesempatan para karyawan untuk belajar kembali dibangku kuliah. Berikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menimba ilmu yang lebih luas lagi agar bisa mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

Selain diberikan kesempatan untuk kuliah kembali, berikan pula fasilitas mengikuti training atau workshop yang berkaitan dengan divis yang ditugaskannya.

8. Memiliki Pemimpin yang Baik
Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa karyawan betah dan nyaman bekerja karena memiliki pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik disini pun beragam dimulai dari sifat, cara memimpin, sampai interaksi dengan para karyawannya.


Apabila salah satu kriteria terpenuhi, karyawan pun akan betah dan nyaman bekerja bersama Anda. Tentunya para karyawan sangat mengharapkan seorang pemimpin yang memang tak mudah emosional, mampu menjadi contoh yang baik, serta tak ada jarak dengan para karyawan.

9. Perusahaan yang Fleksibel dalam Waktu Bekerja
Jam kerja yang cukup monoton memang akan membuat karyawan menjadi jenuh dan tak betah. Oleh karena itu, Anda bisa menjadi perusahaan pelopor yang mengubah jam kerja menjadi lebih fleksibel.

Selain jam kerja yang dibuat fleksibel Anda pun bisa mengubah tempat kerja para karyawan agar tidak selalu di dalam ruangan.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini diperlukan sebuah pengorbanan yang lebih besar. Namun semua itu akan kembali kepada keberhasilan perusahaan yang Anda pimpin.

Jika hal tersebut akan dilakukan, ada hal terpenting yang tak boleh Anda lewatkan yaitu tentang pencapaian target serta job deskripsi yang jelas untuk para karyawan.


Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

1 komentar:

  1. Menciptakan suasana kantor yang kondusif juga bisa dimulai dari interiornya. Menurut artikel kumparan ini, milenial sangat menyukai ruang kerja dengan konsep terbuka ala startup. Untuk mendukung konsep kantor idaman karyawan kekinian dibutuhkan juga furnitur tak hanya nyaman tapi juga unik. Keunikan itu sendiri bisa dalam bentuk warna yg mewakili identitas perusahaan. Oleh karenanya, penting untuk memiliki referensi penyedia furnitur terlengkap, salah satunya Mitrakantor.com. Ingin konsep kantor formal atau casual, wujudkan dengan furnitur yang tepat. Mitra Kantor menyediakan kursi kantor dan sofa minimalis bermacam model dan warna.

    BalasHapus

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...