JASA KONSULTAN RITEL
PAKAR, +62 813-9864-6177, Peran Kemasan Produk Dalam Strategi Penjualan
Konsultan, Konsultan Ritel, Peran Kemasan Dalam Pemasaran, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Packaging Surabaya, Peran Penting Kemasan Produk, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta
Persaingan
bisnis yang semakin gencar membuat para pelaku bisnis harus benar-benar pintar
mencari jalan agar produknya terus dicari konsumen. Selain mutu produk, kemasan
atau packaging juga memiliki andil untuk menarik minat konsumen.
Jika
kita amati perilaku konsumen saat berbelanja di supermarket atau minimarket,
tidak semuanya memiliki waktu untuk berlama-lama mengamati satu persatu produk.
Ada konsumen yang hanya mengandalkan logo atau kemasan untuk mendapatkan produk
yang dicarinya. Kemasan menjadi salah satu media komunikasi antara produk
dengan konsumennya. Bila sebuah kemasan produk terlihat menarik dan memiliki
karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat produk
tersebut.
Peran Dari Kemasan Produk
Karena
itu dalam mendesain sebuah kemasan, hendaklah dibuat dengan bentuk, warna, dan
tulisan yang menarik dan unik sehingga tampak berbeda dengan yang lainnya.
Kemasan yang unik akan mencuri perhatian konsumen untuk memperhatikan produk
anda dan kemudian akan mempertimbangkannya untuk membelinya. Bisa saja terjadi,
seorang konsumen pada awalnya tidak tahu produk anda, tapi karena produk anda
memiliki kemasan yang menarik maka ia menjadi tertarik dan membelinya.
Baca juga Strategi Promosi Di Era Digital
Pada
dasarnya desain kemasan mempengaruhi apa yang ada di dalamnya. Karena itu
pengaruh bentuk, warna, bahan, desain kemasan dapat mempengaruhi konsumen.
Sebaiknya anda mencari tenaga yang berpengalaman dalam hal mendesain kemasan
produk yang menarik dan tetap menonjolkan ciri khas produk anda. Perilaku
konsumen yang semakin kritis terhadap kemasan produk, terlebih untuk kemasan
produk makanan harus mendapat perhatian khusus. Menggunakan bahan yang ramah
lingkungan, mudah dibawa, serta aman dan tidak menimbulkan kontaminasi pada
makanan, serta memberikan informasi produk yang memadai akan menjadi pilihan
konsumen.
Selain
faktor-faktor tersebut anda juga harus memperhatikan apa yang menjadi tren di
masyarakat. Kemasan yang tidak up-to-date akan memberikan kesan produk anda
ketinggalan jaman, kecuali jika memang produk anda sudah dikenal luas dan
memiliki brand awareness yang kuat.
Kemasan
yang bagus tentu akan mempengaruhi harga produk. Untuk itu anda harus memiliki
strategi untuk menyiasatinya. Namun bagi sebagian konsumen yang sangat
mengutamakan mutu, harga tidaklah masalah jika memang produk yang ditawarkan
benar-benar berkualitas.
Yang
Harus Dipertimbangkan Dalam Membuat Kemasan Produk
Berikut
ini adalah beberapa poin yang harus anda pertimbangkan dalam membuat kemasan:
Baca juga Pelajaran Penting Untuk Para Pengusaha
1.
Target market yang jelas.
Saat
anda berencana membuat kemasan, anda sudah harus menentukan siapa target pasar
anda, apakah anak-anak, remaja, ibu rumah tangga, atau umum. Dengan mengetahui
siapa yang menjadi pangsa pasar anda, maka penjualan anda bisa berjalan
maksimal. Selain itu penggunaan bahasa dalam kemasan juga ikut memiliki
pengaruh yang besar. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua
kalangan akan mempermudah konsumen untuk menggunakan produk anda.
2.
Kemasan yang eye catching.
Kemasan
hendaklah bisa langsung menarik perhatian konsumen saat pertama kali melihat
produk anda. Penggunaan warna-warna yang cerah dan kemasan yang praktis
seringkali menjadi pilihan pengusaha dalam mendesain kemasan. Sesuaikan ukuran
kemasan dengan isi atau produk.
3.
Kemasan yang berkarakter.
Persaingan
bisnis yang semakin keras memang tidak dapat dihindari. Untuk itu buatlah
kemasan yang memiliki ciri khas usaha atau produk anda. Menggunakan logo dalam
kemasan juga bisa menjadi pilihan agar konsumen bisa langsung mengenali produk
anda.
4.
Kemasan sebagai media promosi.
Saat
ini kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus produk saja, melainkan
juga sebagai media promosi usaha/produk anda. Untuk itu buatlah special
packaging untuk acara tertentu seperti hari raya atau event tertentu seperti
piala dunia dsb.
5.
Kemasan yang praktis.
Kemasan
hendaklah mudah dibawa kemana-mana. Hal ini untuk mempermudah pendistribusian
produk dan menjaga kualitas produk dimana anda tidak perlu memegang produk
secara langsung sehingga memininalkan kontaminasi.
Kemasan
suatu produk memiliki peran yang sangat penting dalam proses penjualan produk
anda. Memilih kemasan yang unik dan memberikan hadiah atau bonus dalam kemasan
dapat anda jadikan opsi berjualan.
Baca juga Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar