Rabu, 26 Desember 2018

Begini Cara Mengatasi Bisnis Yang Sedang Stagnan | Konsultan Bisnis Dan Manajemen


JASA KONSULTAN RITEL 

BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177,  Cara Mengatasi Bisnis Stagnan

Konsultan, Konsultan Ritel, Masalah Bisnis Saat Ini, Bisnis Stagnan, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Depok, Konsultan Bisnis Cimahi, Konsultan Bisnis Bekasi, Konsultan di Jakarta


Cara Mengatasi Bisnis Stagnan


Pengertian stagnan adalah kondisi yang terhenti, selalu tetap tanpa menunjukkan adanya suatu kemajuan yang berarti. Dalam kondisi stagnan, segala sesuatu yang terlihat seperti sedang berjalan sesungguhnya hanya berjalan di tempat saja.

Arti stagnan dalam ekonomi adalah pertumbuhan tingkat ekonomi yang berjalan sangat lambat, yang mana tingkat pertumbuhan ekonomi tersebut lebih kecil daripada tingkat pertumbuhan ekonomi potensial.

Stagnasi dalam bisnis adalah salah satu masalah terbesar yang hampir pasti akan dihadapi oleh seorang pebisnis. Keadaan ini jika tidak segera mendapatkan solusi yang tepat, lambat laun akan menggerogoti kesehatan bisnis Anda. Bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal oleh pesaing, demikian juga akan berbanding lurus dengan konsumen Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi stagnasi yang terjadi pada bisnis Anda.


1. Melakukan Evaluasi           
Selalu lakukan evaluasi dengan apa yang telah Anda perbuat dalam sebulan terakhir. Apakah ada yang salah dengan kebijakan yang Anda ambil, atau barangkali ada beberapa bagian dalam bisnis Anda yang tidak sehat. Lakukan secara berkala dan berkelanjutan dalam mengevaluasi kinerja sebuah bisnis. Evaluasi yang benar dan konsisten bisa menjadi kunci utama untuk mengatasi kemandekan pada sebuah bisnis.

2. Mengidentifikasi Masalah
Jika Anda sudah melakukan evaluasi menyeluruh, saatnya sekarang Anda melakukan identifikasi masalah. Identifikasikan masalah yang sedang terjadi pada bisnis Anda yang menimbulkan kemandekan. Coba telusuri apakah itu terjadi karena faktor eksternal atau dari faktor internal Anda sendiri. Langkah ini sangat penting untuk menentukan langkah apa yang harus Anda ambil untuk mengatasi stagnasi pada bisnis Anda.


3. Kaji Ulang Strategi Pemasaran
Anda harus mempelajari lagi strategi pemasaran Anda. Apakah masih relevan diterapkan untuk saat ini. Ketepatan marketing plan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Pelajari kembali apakah ada perubahan terhadap perilaku konsumen. Apakah riset yang Anda lakukan sudah tepat. Selain itu Anda juga harus mempelajari apa yang sudah dialakukan oleh pesaing bisnis Anda.

4. Pelajari Kembali Sistem
Sangat penting dilakukan untuk sebuah bisnis atau perusahaan yang tengah mengalami kemandekan. Anda perlu juga mempelajari sistem yang Anda terapkan terhadap bisnis yang Anda kembangkan. Apakah sistem yang Anda buat cocok dan tepat untuk bisnis yang Anda geluti.

Apakah sistem Anda bisa mendukung untuk tumbuh kembangnya sebuah inovasi? Apakah sistem sudah berjalan dengan efektif dan efisien? Pertanyaan semacam itu harus selalu Anda perdalam untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya stagnasi pada bisnis Anda.


5. Cari Orang yang Tepat
Anda bisa mengambil tindakan ini untuk keadaan yang memang sudah akut. Keadaan yang akut adalah ketika sebuah bisnis benar-benar tidak mengalami perkembangan sama sekali dan bahkan cenderung mengalami kemunduran.

Dan jika tidak segera mendapatkan solusi yang tepat, bisnis Anda akan segera tutup. Mendatangkan orang yang benar-benar tepat adalah solusi terakhir untuk menghidupkan kembali bisnis Anda. Orang baru dengan ide dan visi yang fresh akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda.

6. Melakukan Upaya Preventif
Mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah pedoman yang bisa Anda gunakan pada saat ini. Maksudnya adalah selalu lakukan upaya solutif sebelum benar-benar terjadi stagnasi dalam bisnis Anda. Caranya adalah dengan selalu melakukan poin-poin di atas. Jadwalkan secara rutin untuk selalu melakukannya, bisa sebulan, bisa per tiga bulan atau kalau memang perusahaan dalam keadaan yang sangat bagus bisa Anda lakukan per enam bulan atau bahkan dalam tiap tahun.


Satu saran lagi untuk para pebisnis, jangan mudah merasa panik ketika menghadapi stagnasi dalam berbisnis. Panik tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Hanya akan menghabiskan energi pikiran Anda. Dan kalaupun Anda memaksakan diri mengambil langkah dalam keadaan panik, tentu bukan keputusan yang terbaik yang Anda dapatkan. So, tenangkan diri dan lakukan step-step di atas dengan baik. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda bisa mengatasi ini dengan baik.


Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...