JASA KONSULTAN RITEL
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Survei: Konsumen di Indonesia Kini Lebih Suka Belanja di Minimarket
Konsultan, Jasa Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis
Ritel, Konsultan Bisnis Di Indonesia, Konsultan Strategi Bisnis, Konsultan Bisnis
Surabaya, Konsultan Bisnis Sidoarjo, Konsultan Bisnis Malang
Angka terbaru penjualan pertumbuhan barang konsumen
yang bergerak cepat atau fast moving consumer goods/FMCG di Asia Pasifik yang
dirilis baru-baru ini oleh Nielsen menunjukkan, belanja konsumen meningkat di
seluruh wilayah di dunia saat ini.
Nielsen mencatat, pertumbuhan nilai FMCG naik 6,5
persen dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun lalu, dan naik 4,9 persen
dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.
Harga rata-rata FMCG pun meningkat 2,1 persen pada
periode yang sama, dibandingkan dengan dua persen di kuartal sebelumnya, dan
pertumbuhan volume di wilayah ini mencapai 4,4 persen dibandingkan pada kuartal
sebelumnya yang sebesar 2,9 persen.
Marketing & Sales Effectiveness Nielsen Laura
McCullough mengungkapkan, keyakinan konsumen Asia Pasifik, sedikit meningkat
pada kuartal ketiga atau naik dua poin ke 114. Hal itu didukung oleh
meningkatnya optimisme tentang prospek pekerjaan lokal, keuangan pribadi dan
keinginan berbelanja.
Malaysia mencatat peningkatan kepercayaan konsumen
tertinggi di kawasan itu, atau naik 10 poin ke 127), diikuti oleh Thailand
(naik 10 poin ke 112) dan Vietnam (naik 9 poin ke 129).
"Konsumsi domestik terus memiliki potensi yang
besar di Asia Pasifik, seiring dengan peluang ekspor," ujar Laura dikutip
dari keterangan resminya, Kamis 27 Desember 2018.
Dia menilai, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB)
yang kuat secara keseluruhan, pertumbuhan upah rata-rata yang mencapai dua
digit dan kelas konsumen yang berkembang yang ingin meningkatkan kualitas
hidup, akan mendorong konsumsi ke dalam kategori produk baru di FMCG, dan
membantu mendorong pertumbuhan industri secara keseluruhan.
Sementara itu, perekonomian Indonesia menunjukkan
pertumbuhan PDB yang stabil di sekitar lima persen dan kepercayaan konsumen
tetap stabil pada indeks 126 di kuartal ketiga 2018. Pada periode setelah hari
raya di kuartal kedua, FMCG kembali ke tingkat pertumbuhan sebelumnya dengan
konsumsi volume menurun pada minus 1,6 persen dibandingkan dengan periode yang
sama tahun sebelumnya.
Lima teratas Kinerja Kategori Super penjualan FMCG
pada kuartal ini, termasuk Home Care (1,9 persen), Minuman (1,5 persen),
Makanan (18,2 persen), Farmasi (1,0 persen) dan Perawatan Pribadi (1,0 persen).
Berdasarkan kinerja kanal belanja konsumen, minimarket
menunjukkan pertumbuhan sebesar 7,4 persen. Sementara itu, general trade dan
hypermarket atau supermarket sedikit menurun, masing-masing berturut-turut
minus 0,6 persen dan minus 5,2 persen.
"Preferensi kanal belanja konsumen Indonesia
bergeser dari format besar ke kecil, didorong oleh tiga pertimbangan utama.
Yaitu, keanekaragaman produk yang bagus, harga yang kompetitif, dan akses yang
mudah dari area tempat tinggal.
Dalam hal kelompok konsumen, ketika keluarga yang
matang (≥35 tahun) mampu
mempertahankan pola pengeluaran, konsumen yang lebih muda (<35 tahun)
mengurangi pengeluaran dan konsumsi.
Khususnya, untuk kategori-kategori seperti makanan
instan, minuman siap minum, perawatan pribadi dan farmasi. Kunci bagi
produsen/manufaktur untuk mulai menjangkau konsumen yang lebih muda adalah
dengan berinovasi dengan keragaman produk yang optimal.
Kemudian, dengan harga yang pas dan dengan cara yang
benar menjadi kunci untuk memenangkan konsumen yang lebih muda.
Laporan Q3 2018 Nielsen Quarter By Numbers ini,
menganalisa keseluruhan lanskap FMCG di 65 negara di dunia, seiring dengan tren
ekonomi dan sentimen konsumen yang berubah.
Laporan itu menunjukkan India, Filipina, dan China
mencatat pertumbuhan nilai tertinggi dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun
lalu, masing-masing berturut-turut 16,5 persen, 8,4 persen dan 7,3 persen.
Sumber: VIVA
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar