Rabu, 16 Januari 2019

Langkah Promosi Word Of Mouth Agar Berhasil | Konsultan Bisnis Dan Manajemen


JASA KONSULTAN RITEL

BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Langkah Agar Promosi Word Of Mouth Berjalan

Konsultan, Jasa Konsultan Bisnis, Konsultan Strategi Bisnis, Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan Bisnis Minimarket, Konsultan Bisnis Jogja, Konsultan Bisnis Semarang, Konsultan Bisnis Solo, Konsultan Bisnis Yogyakarta 

Promosi Word Of Mouth

Word of Mouth (WOM) atau promosi dari mulut ke mulut adalah sebuah cara komunikasi yang dilakukan oleh seorang pemberi pesan ke penerima pesan dimana sang penerima pesan tidak memperoleh informasi yang bersifat komersial, melainkan hanya merupakan informasi yang sifatnya ringan atau menambah pengetahuan.

Meskipun disampaikan dengan maksud yang non komersial, namun ada penelitian yang menyatakan bahwa WOM mampu berperan penting dalam meningkatkan minat seseorang untuk membeli produk atau jasa. Banyak orang yang cenderung percaya dan tertarik untuk mencoba sesuatu yang diberitahukan atau direkomendasikan oleh orang-orang terdekat seperti sahabat, anggota keluarga dan kerabat lainnya.


Sebelum mulai menerapkan strategi WOM, kita tentu harus mempelajari beberapa langkah tepat dalam menjalankan tehnik promosi bisnis konvensional yang satu ini. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Pengalaman Menakjubkan Bagi Pelanggan
Jika kita baru saja merintis bisnis dengan kapasitas menengah ke bawah, maka hal ini sebenarnya menjadi salah satu keuntungan bagi kita. Kita bisa menawarkan pengalaman seru bagi para pelanggan kita. Berikan pengalaman menakjubkan yang membuat mereka semakin mempercayai dan memberikan loyalitasnya pada kita.

Salah satu contoh konkretnya misalnya memberikan free sample atau paket hadiah menarik bagi para pelanggan yang sering membeli produk kuliner kita. Contoh lainnya yakni pabrik percetakan yang bersedia mencetak edisi khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan setia di hari-hari raya tertentu.


2. Ciptakan Hubungan Akrab dan Komunikatif
Mulailah meyakini bahwa menjalin hubungan yang akrab dan komunikatif dengan pelanggan tak pernah ada ruginya. Kita bisa melakukan berbagai cara untuk tetap menjalin hubungan baik, yakni dengan menelpon, mengirim SMS, mengirimkan email atau menjalin komunikasi melalui media sosial seperti #Facebook, #Twitter atau #Instagram.

Jangan lupa untuk menanyakan keadaan dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis kita. Tak masalah menerima kritikan pedas atau saran yang mungkin membuat kita merasa agak kesal dan tak enak hati. Namun hal tersebut tentu lebih baik daripada kita harus menghadapi kepergian pelanggan yang kecewa dan tidak meninggalkan kritik atau saran sama sekali.

3. Promosi dari Mulut ke Mulut Melibatkan Banyak Orang
Banyak orang yang merasa senang bila dilibatkan dalam pengembangan suatu bisnis. Kita bisa membuat kuis berhadiah, promo buy one get one atau beragam cara lain yang mampu menarik perhatian dan keingintahuan banyak orang. Buatlah sesuatu yang sangat menakjubkan dan mengundang banyak orang untuk mulai membicarakan bisnis kita.


Contoh mudah yang bisa dilakukan adalah proses metamorfosis bisnis menjadi bisnis yang lebih inovatif. Saat kita membuka kedai mie ayam sederhana, kita bisa membuatnya terasa unik dan berbeda dengan penggunaan dekorasi bernuansa horor atau dengan memberikan beragam level pedas pada produk mie ayam kita.

Menjalankan tehnik promosi bisnis ala WOM akan memberikan 2 keuntungan bagi kita. Selain bisa mempertahankan eksistensi pelanggan lama, pelanggan lama tersebut juga tak keberatan untuk mengajak para pelanggan baru secara langsung ataupun tak langsung. Pihak pelanggan akan merasa tertarik dan terus menantikan beragam upaya inovasi yang kita lakukan.

Tak masalah bila kita  mengombinasikan proses promosi modern dengan menggunakan media sosial dan media komunikasi lainnya dengan upaya promosi konvensional seperti promosi dari mulut ke mulut (WOM). Karena kesuksesan bisnis kita juga ditentukan oleh seberapa baiknya kita bisa membangun hubungan yang akrab dan efektif dengan pelanggan dan orang-orang lain di sekitar lingkungan bisnis kita.



Industri yang kami layani :

>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...