JASA KONSULTAN RITEL
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Langkah Agar Promosi Word Of Mouth Berjalan
Konsultan,
Jasa Konsultan Bisnis, Konsultan Strategi Bisnis, Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan
Bisnis Minimarket, Konsultan Bisnis Jogja, Konsultan Bisnis Semarang, Konsultan
Bisnis Solo, Konsultan Bisnis Yogyakarta
Word
of Mouth (WOM) atau promosi dari mulut ke mulut adalah sebuah cara komunikasi
yang dilakukan oleh seorang pemberi pesan ke penerima pesan dimana sang
penerima pesan tidak memperoleh informasi yang bersifat komersial, melainkan
hanya merupakan informasi yang sifatnya ringan atau menambah pengetahuan.
Meskipun
disampaikan dengan maksud yang non komersial, namun ada penelitian yang
menyatakan bahwa WOM mampu berperan penting dalam meningkatkan minat seseorang
untuk membeli produk atau jasa. Banyak orang yang cenderung percaya dan
tertarik untuk mencoba sesuatu yang diberitahukan atau direkomendasikan oleh
orang-orang terdekat seperti sahabat, anggota keluarga dan kerabat lainnya.
Sebelum
mulai menerapkan strategi WOM, kita tentu harus mempelajari beberapa langkah
tepat dalam menjalankan tehnik promosi bisnis konvensional yang satu ini.
Langkah-langkah tersebut antara lain:
1.
Pengalaman Menakjubkan Bagi Pelanggan
Jika
kita baru saja merintis bisnis dengan kapasitas menengah ke bawah, maka hal ini
sebenarnya menjadi salah satu keuntungan bagi kita. Kita bisa menawarkan
pengalaman seru bagi para pelanggan kita. Berikan pengalaman menakjubkan yang
membuat mereka semakin mempercayai dan memberikan loyalitasnya pada kita.
Salah
satu contoh konkretnya misalnya memberikan free sample atau paket hadiah
menarik bagi para pelanggan yang sering membeli produk kuliner kita. Contoh
lainnya yakni pabrik percetakan yang bersedia mencetak edisi khusus untuk
memenuhi permintaan pelanggan setia di hari-hari raya tertentu.
Baca juga Strategi Jitu Promosi Di Era Digital
2.
Ciptakan Hubungan Akrab dan Komunikatif
Mulailah
meyakini bahwa menjalin hubungan yang akrab dan komunikatif dengan pelanggan
tak pernah ada ruginya. Kita bisa melakukan berbagai cara untuk tetap menjalin
hubungan baik, yakni dengan menelpon, mengirim SMS, mengirimkan email atau
menjalin komunikasi melalui media sosial seperti #Facebook, #Twitter atau
#Instagram.
Jangan
lupa untuk menanyakan keadaan dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis kita.
Tak masalah menerima kritikan pedas atau saran yang mungkin membuat kita merasa
agak kesal dan tak enak hati. Namun hal tersebut tentu lebih baik daripada kita
harus menghadapi kepergian pelanggan yang kecewa dan tidak meninggalkan kritik
atau saran sama sekali.
3.
Promosi dari Mulut ke Mulut Melibatkan Banyak Orang
Banyak
orang yang merasa senang bila dilibatkan dalam pengembangan suatu bisnis. Kita
bisa membuat kuis berhadiah, promo buy one get one atau beragam cara lain yang
mampu menarik perhatian dan keingintahuan banyak orang. Buatlah sesuatu yang
sangat menakjubkan dan mengundang banyak orang untuk mulai membicarakan bisnis
kita.
Baca juga Trik Agar Bisnis Anda Mudah Berkembang
Contoh
mudah yang bisa dilakukan adalah proses metamorfosis bisnis menjadi bisnis yang
lebih inovatif. Saat kita membuka kedai mie ayam sederhana, kita bisa membuatnya
terasa unik dan berbeda dengan penggunaan dekorasi bernuansa horor atau dengan
memberikan beragam level pedas pada produk mie ayam kita.
Menjalankan
tehnik promosi bisnis ala WOM akan memberikan 2 keuntungan bagi kita. Selain
bisa mempertahankan eksistensi pelanggan lama, pelanggan lama tersebut juga tak
keberatan untuk mengajak para pelanggan baru secara langsung ataupun tak
langsung. Pihak pelanggan akan merasa tertarik dan terus menantikan beragam
upaya inovasi yang kita lakukan.
Tak
masalah bila kita mengombinasikan proses
promosi modern dengan menggunakan media sosial dan media komunikasi lainnya
dengan upaya promosi konvensional seperti promosi dari mulut ke mulut (WOM).
Karena kesuksesan bisnis kita juga ditentukan oleh seberapa baiknya kita bisa
membangun hubungan yang akrab dan efektif dengan pelanggan dan orang-orang lain
di sekitar lingkungan bisnis kita.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar