JASA KONSULTAN RITEL
PAKAR, +62 813-9864-6177, Strategi Promosi Di Era Digital
Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Ritel Modern, Promosi Penjualan, Promosi Produk, Promosi Efektif, Konsultan Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.
5
Strategi Promosi Di Era Digital
Di
era yang serba digital, mempromosikan produk ke masyarakat luas semakin mudah
dilakukan. Meski demikian, perlu strategi agar promosi yang dilakukan
memberikan hasil maksimal. Berikut lima strategi promosi paling efektif yang
bisa dicoba di era milenial.
1.
Instagram
Instagram
tentu menjadi salah satu media sosial terbaik untuk mempromosikan produk Anda.
Akan tetapi, pemilik label Simple8 Corner, Carlina Eriano, mengingatkan untuk
bisa memanfaatkan Instagram dengan baik. Perhatikan kualitas foto produk yang
akan dipromosikan dan caption itu sendiri.
"Bisnis
online itu perlu communication skill, ketika penjual berinteraksi dengan
pembeli hanya melalui online, jadi gambar dan caption harus jelas. Jangan asal
masukin gambar," saran Carolina saat berbincang di kawasan Senayan,
Jakarta Pusat.
Pendiri
NoonaKu Signature, Florentina Jeanne, juga menganjurkan untuk menggunakan
Instagram Ads. Ia pun menekankan agar tidak melakukan promosi dengan
'menyampah' di akun Instagram selebriti karena hal tersebut bisa menjatuhkan
citra brand Anda.
Baca juga Alasan Mengapa Produk Anda Tidak Laku
2.
Line atau Whatsapp
Kini
media komunikasi online seperti Line atau Whatsapp juga bisa dijadikan tempat
promosi. Setiap ada produk baru, Carlina yang sudah 13 tahun berbisnis itu
menyarankan untuk mempromosikannya melalui Line atau Whatsapp. Gunakan pula
media komunikasi ini untuk menjalin hubungan kedekatan dengan konsumen agar
mereka semakin loyal.
3.
Manfaatkan Market Place
Tak
ada salahnya memanfaatkan market place yang ada. Carlina pun melakukan hal
tersebut untuk menjangkau pasar lebih luas. Dengan membuka toko online di
market place seperti Tokopedia atau Shopee bisa mendapatkan pasar dari berbagai
daerah Indonesia.
Baca juga Pelajaran Penting Untuk Para Pengusaha
4.
Endorse
"Penting
nggak sih endorse artis atau selebgram? Penting nggak penting sih tergantung
kalian ada budget-nya apa nggak karena artis itu kan punya pengaruh besa dalam
masyarakat. Kalau di-tag bisa berpengaruh banget sama produk kita, endorse
selebgram juga sekarang lagi happening banget," ujar Carlina.
Carlina
melanjutkan, ketika ingin endorse artis atau selebgram sebaiknya tidak hanya
melihat dari banyaknya followers atau like tapi juga siapa followers dari
public figure yang mau di-endorse. Florentina menambahkan, penting memilih
sosok endorser yang tepat agar tidak salah sasaran.
"Endorse
harus yang tepat orangnya agar market-nya juga pas. Kayak aku pernah endorse
selebgram ratusan ribu followers-nya ternyata pengikutnya kebanyakan laki-laki
kan nggak tepat, tapi ketika aku endorse yang cuma 20 ribuan followers-nya tapi
tepat, berpengaruh banget sama barang aku," jelasnya.
Baca juga Kenali Penyebab Bisnis Mulai Sepi
5.
Aktivitas Promosi Digital
Carlina
dan Florentina menganjurkan untuk menjalin komunikasi baik dengan konsumen
lewati aktivitas yang dilakukan secara digital. Memberikan kuis, giveaway, atau
aktivitas menggunakan seperti hashtag #ootd juga berpengaruh besar terhadap
promosi produk Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar