JASA KONSULTAN RITEL
BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Pengertian Dan Tujuan Dari Promosi
Konsultan, Konsultan Ritel, Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan Bisnis di Indonesia, Konsultan Bisnis di Terbaik di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis di Jakarta Barat, Konsultan Bisnis di Jakarta Timur, Konsultan Bisnis di Jakarta Utara, Konsultan Bisnis di Jakarta Selatan
Apa Itu Promosi?
Menurut
Wikipedia, promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan
penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini adalah salah satu
dari empat elemen dasar bauran pemasaran, yang mencakup empat P: price,
product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat.
Promosi
mencakup metode komunikasi yang digunakan pemasar untuk memberikan informasi
tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal dan visual.
Sedangkan
menurut Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk
memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik
calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi,
produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Kalau
menurut ahli pemasaran Harper Boyd : promosi diartikan sebagai upaya membujuk
orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.
Menurut
pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz, promosi adalah proses
menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Sebenarnya
ada banyak sekali versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli
pemasaran diseluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu
promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk,
atau menyebarluaskan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan
agar calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat melakukan pembelian.tujuan
promosi
Tujuan Promosi
Orang
melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi
berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :
- Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
- Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut
- Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan
- Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
- Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk
Kesimpulannya,
tujuan utama dari promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan
kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan.jenis-jenis
promosi
Jenis-Jenis Promosi
Ada
banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa
beda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi
yang biasa kita lihat seperti dikutip dari Wikipedia :
1.
Promosi secara
fisik
Promosi
dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara
tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran,
bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual membuka semacam
“stand” atau “booth” untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan
jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau langsung para
calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang
ditawarkan, dan dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai produk atau
jasa tersebut, dan dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan
merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada
saat itu juga. Ya, interaksi di lapangan sangat memungkinkan orang langsung
melakukan pembelian.
Kekurangan
cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen
karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu seperti perkantoran,
kampus, sekolah, dan semacamnya.
Baca juga Kenali Perilaku Dan Jenis Konsumen
Baca juga Kenali Perilaku Dan Jenis Konsumen
2.
Promosi melalui
media tradisional
Yang
dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti
koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan
televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame
atau papan billboard.
Kelebihan
jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak
calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan media
yang memang cukup luas.
Kekurangan
cara promosi melalui media tradisional adalah membutuhkan biaya yang sangat
besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan
billboard, dan lain sebagainya.
Baca juga Trik Jitu Agar Pembeli Membeli Produk
Baca juga Trik Jitu Agar Pembeli Membeli Produk
3.
Promosi melalui
media digital
Jenis
promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau
jejaring social. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan
orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini
seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih
menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media
digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka
setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia,
yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet secara
global menggunakan media sosial.
Baca juga Cara Memenangkan Persaingan Harga
Baca juga Cara Memenangkan Persaingan Harga
Kelebihan
promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat
luas dengan waktu dan biaya yang efisien.
Kekurangannya
berpromosi dengan media digital adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing
yang ikut bermain didalamnya. Tugas yang cukup berat bagi para pemasar agar
lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital ini agar lebih menarik
calon konsumen dibandingkan kompetitor.
Dari
beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang paling
banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan penyebarannya yang
luas dan relatif lebih cepat.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar