JASA KONSULTAN RITEL
PAKAR, +62 813-9864-6177, Jenis Promosi
Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Ritel Modern, Konsultan Bisnis di Indonesia, Konsultan Bisnis di Terbaik di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis di Jakarta Pusat, Konsultan Bisnis di Jakarta Barat, Konsultan Bisnis di Jakarta Timur, Konsultan Bisnis di Jakarta Utara, Konsultan Bisnis di Jakarta Selatan
Dalam dunia marketing
memasarkan suatu produk tidak lepas dari promosi. Tujuan promosi sebuah produk
adalah untuk memberikan informasi serta bauran pemasarannya. Dengan kata lain,
promosi berguna untuk memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen jika
sudah ada produk baru yang kualitasnya tidak kalah jika dibandingkan dengan
kualitas produk yang sudah lama ada. Setelah konsumen mengetahui segala
keunggulan produk baru tersebut, diharapkan konsumen tersebut dapat terpengaruh
dan terbujuk dan beralih membeli produk yang dipromosikan. Jika promosi ini
berhasil, di periode berikutnya perusahaan selaku produsen produk tersebut
hanya perlu mengingatkan konsumen bahwa produk tersebut tetap aman dan layak
untuk tetap dikonsumsi.
Agar hasil dapat diraih
secara maksimal, maka kegiatan promosi harus dilaksanakan dengan efektif. Dalam
hal ini penting adanya bauran promosi atau kombinasi yang maksimal untuk
berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang efektif untuk
meningkatkan angka penjualan. Di dalam dunia marketing, terdapat empat jenis
kegiatan promosi yang biasa dilakukan, antara lain:
1. Periklanan Atau
Advertising
Bentuk kegiatan promosi
ini bersifat non personal yang artinya di dalam kegiatan promosi yang dilakukan
menggunakan atau memanfaatkan berbagai media yang bertujuan untuk merangsang
minat beli konsumen. Jenis promosi berupa advertising umumnya berisi tentang
tawaran suatu produk kepada konsumen dengan melakukan penawaran dengan cara
mengemukakan alasan kenapa konsumen harus melakukan pembelian produk atau
barang tersebut.
Baca juga Begini Cara Menghadapi Pergantian Tren Konsumen
Baca juga Begini Cara Menghadapi Pergantian Tren Konsumen
2. Penjualan Tatap Muka
Atau Personal Selling
Bentuk promosi ini
berupa kegiatan tatap muka dengan melakukan presentasi lisan dalam suatu
kesempatan untuk melakukan percakapan dengan calon pembeli. Sama halnya dengan
periklanan, tujuan promosi dengan cara personal selling juga bertujuan untuk
merangsang minat beli konsumen namun kegiatan promosinya dilakukan dengan cara
mendatangi ke tempat konsumennya secara langsung oleh seorang salesperson.
Dengan teknik personal selling maka akan terjadi komunikasi antara penjual dan
pembeli.
Baca juga Cara Memenangkan Persaingan Harga
Baca juga Cara Memenangkan Persaingan Harga
Secara umum tugas
seorang sales person dibagi kedalam 5 bagian, yaitu;
·
Memberikan
informasi produk atau barang kepada calon pembeli
·
Memberikan
penjelasan tentang manfaat produk yang dijual
·
Memberikan
jawaban terhadap pertanyaan atau argumentasi calon pembeli
·
Mengarahkan
konsumen untuk melakukan pembelian
·
Memberikan
layanan purna jual yang memuaskan
Keunggulan teknik
penjualan tatap muka adalah adanya kontak langsung antara penjual dan pembeli
dan bisa dengan segera mengetahui tanggapan atau respon pembeli terhadap produk
yang dijual. Namun, teknik promosi penjualan tatap muka memiliki kekurangan
yaitu biaya operasionalnya yang cukup tinggi.
3. Publisitas Atau
Publicity
Jenis promosi ini
biasanya berbentuk ulasan tentang suatu produk yang kemudian disebarluaskan
melalui media cetak maupun media elektronik. Cara ini dianggap sangat efektif
karena dapat menjangkau konsumen yang tidak bisa dijangkau oleh advertensi dan
personal selling.
Baca juga Tujuan Diadakannya Promosi
Baca juga Tujuan Diadakannya Promosi
4. Promosi Penjualan Atau
Sales Promotion
Jenis promosi yang
terakhir berbeda dengan jenis promosi yang lainnya. Kegiatan promosi ini
biasanya dilakukan dengan cara memberikan sesuatu sebagai perangsang agar
konsumen melakukan pembelian produk. Bentuknya bisa berupa uang, barang, atau
tambahan lainnya yang biasanya disertakan bersama produk tersebut.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar