JASA KONSULTAN RITEL
PAKAR, +62 813-9864-6177, Begini Strategi Alfamart Hadapi Gempuran Toko Online
Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis Bandung, Konsultan Bisnis Tangerang
PT
Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) menilai pergeseran pola belanja konsumen yang
saat ini berorientasi online tak menjadi kendala dalam peningkatan penjualan
perusahaan. Perusahaan telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi
kondisi tersebut.
Corporate
Affair Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin mengatakan pihaknya diuntungkan
dengan lokasi gerai-gerai Alfamart yang dekat dengan konsumen sehingga masih
menarik minat pengunjung untuk belanja di gerai ketimbang melakukan pembelian
online. Terlebih lagi, produk-produk yang dijual di gerainya merupakan produk
kebutuhan sehari-hari.
"Jadi
pengaruh online ada tapi tidak besar untuk kategori produk yang kita jual.
Tinggal bagaimana tingkatkan pelayanan dan efisiensi," kata Solihin di
Jakarta.
Baca juga Tips Memulai Bisnis Ritel Dengan Benar
Selain
itu, perusahaan juga aktif untuk terus meningkatkan jumlah toko yang
dimilikinya. Selain terus melakukan ekspansi ke daerah yang sudah ramai,
perusahaan juga mengakui tengah melakukan pengkajian untuk masuk ke daerah yang
masih memilih untuk mengembangkan toko kelontong milik penduduk lokal.
Salah
satu jalan yang sudah diambil perusahaan adalah dengan berpartner dengan
penduduk setempat melalui bisnis waralaba. "Miinat yang ingin waralaba dia
tau kalau yang sekarang kan kebutuhan pokok jadi masanya panjang sehingga
minatnya bertambah. Tapi ada proses kaya survei karena tidak semua tempat
disetujui, ada perijinan," jelas dia.
Remitansi
Untuk
meningkatkan tingkat kunjungan pelanggan ke gerainya, perseroan menyediakan
jasa remitansi dan penyediaan pembayaran mulai dari listrik hingga e-commerce.
Jasa ini saat ini berkontribusi sebesar 1% dari pendapatan tahunan perusahaan.
Solihin
menjelaskan pembayaran ini dilakukan mengingat perkembangannya yang
diperkirakan akan terus meningkat. Selain itu, langkah ini juga menjadi upaya
untuk meningkatkan traffic konsumen yang datang ke gerai.
"Ini
kan juga tambah traffic konsumen yang datang dan kebutuhan dan waktuya lebih
leluasa. Tapi belum terlalu besar, 1% dari penjualan. Diharapkan konsumen tidak
cuma bayar tagihan tapi belanja juga," kata Solihin.
Selain
itu, perusahaan juga menyediakan jasa remitansi untuk pekerja dari Indonesia di
luar Negeri yang mengirimkan uangnya ke kota asalnya.
Baca juga Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja
Meski
pendapatan dari jasa ini tak terlalu besar, namun menurut Solihin nilai
transaksinya lumayan besar. Untuk menyediakan jasa ini, Alfamart saat ini
bekerja sama dengan beberapa bank, salah satunya adalah Bank BNI.
Sumber:
CNBC Indonesia
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar