Minggu, 18 November 2018

Cara Memanajemen Gudang | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177, Cara Memanajemen Gudang

Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Minimarket, Bisnis Supermarket, Strategi Ritel, Tips Ritel, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.


Cara Manajemen Gudang Yang Tepat
Apakah perusahaan yang anda bangun memiliki gudang, sudah tepat kah anda mengatur gudang tersebut? Manajemen pergudangan itu penting bukan hanya sekedar teori saja. Bahkan anda akan lebih mudah mengoperasikan usaha dengan adanya gudang. Apakah mungkin tanpa gudang anda bisa menyimpan bahan baku dan barang hasil produksi perusahaan?

Jelas gudang berpengaruh besar terhadap perusahaan bahkan tanpa gudang belanja dan produksi barang berapa pun akan sulit dikendalikan. Pengendalian dan pengaturan barang inilah yang menjadi sebab mengapa manajemen pergudangan harus dilakukan dengan baik. Pengendalian barang dalam perusahaan amatlah penting lebih-lebih jika perusahaan berskala besar. Tidak mungkin bila anda sebagai manager bisa mengendalikan dan memantau barang di gudang sendiri.

Jika kita amati memang setiap perusahaan memiliki gudang dan ada satu divisi yang difungsikan untuk mengelolanya. Namun divisi ini tetap berhubungan dengan divisi lain dalam perusahaan tersebut. Manajemen pergudangan merupakan suatu ilmu yang mengatur penyimpanan dan pengeluaran barang pada gudang. Dalam pelaksanaannya manajemen ini merupakan proses dalam pengaturan dan pengawasan barang yang masuk di gudang dan barang yang keluar dari gudang. Tentu saja hal ini harus dilakukan secara teliti dan tepat. Barang yang masuk di gudang merupakan aktiva lancar dalam perusahaan yang digunakan untuk berproduksi setelah diolah menjadi barang jadi. Manajemen pergudangan sendiri bisa dilakukan oleh satu divisi yang memiliki tugas tertentu.

Manajemen pergudangan ini tidak lepas dari berbagai kegiatan yang ada didalam gudang seperti penyimpanan barang, pengeluaran barang, pengepakkan barang, dan pengembalian barang (retur barang). Saat perusahaan membeli bahan baku, proses penyimpanan barang dilakukan di gudang dengan pencatatan administrasi tertentu.

Pengeluaran barang di gudang meliputi pengeluaran bahan baku untuk proses produksi, pengeluaran barang setengah jadi untuk diproduksi kembali dan juga pengeluaran barang yang telah diproduksi untuk dipasarkan. Kadang manajemen pergudangan ini juga meliputi pengemasan terhadap produk yang telah diproduksi sebelum dipasarkan pada konsumen. Semua aktivitas tersebut saling berkaitan dan tidak akan putus selama perusahaan tetap berproduksi.

Beberapa hal penting dalam manajemen pergudangan diantaranya:

1. Pemeriksaan keluar masuknya barang
Keluar masuknya barang harus diperiksa terlebih dulu oleh bagian gudang, mengapa harus demikian? Pemeriksaan ini untuk menghindari adanya retur pembelian dan juga retur penjualan. Pemeriksaan juga difungsikan untuk menguji kelayakan barang yang akan masuk di gudang.

2. Administrasi barang
Manajemen pergudangan juga meliputi administrasi yang melibatkan keluar masuknya barang dan juga retur barang. Sangat penting jika administrasi ini dilakukan dengan tepat karena jika administrasi tidak teratur maka proses produksi juga akan berpengaruh. Administrasi ini meliputi penerimaan barang, penyimpanan barang dan pengembalian barang. Selain itu administrasi juga diperlukan untuk stock opname setiap bulan dan untuk data auditing dalam perusahaan tersebut.

3. Inventory aktiva lancar
Barang yang ada di gudang merupakan aktiva lancar yang bisa digunakan untuk menambah modal. Inventori ini dilakukan melalui manajemen pergudangan yang bisa dilaporkan setiap bulan dalam neraca perusahaan.

4. Stock opname
Stock opname ini juga diperlukan setiap akhir bulan sebagai bagian dari control barang di gudang dan mengetahui selisih tidaknya barang tersebut.

5. Tindak lanjut sistem pergudangan yang telah ada
Jika dirasa perlu manajemen pergudangan ini juga difungsikan untuk menilai baik buruknya pengelolaan gudang yang ada. Jika dirasa merugikan perusahaan maka manajemen gudang bisa dirubah menjadi lebih baik lagi dengan metode yang berbeda.

Kegiatan manajemen pergudangan ini terdiri atas beberapa aktivitas sederhana dalam gudang yang terbagi atas kegiatan antara lain yaitu :

1. Kegiatan administrasi
Kegiatan pengeluaran dan pemasukkan dana yang ada dalam perusahaan ini diatur seluruhnya dalam aktivitas administrasi. Semua kegiatan pendanaan yang dilakukan dalam administrasi ini diupayakan tercatat seluruhnya untuk memudahkan pelaksanaan pengembangan produksi perusahaan kaitannya dengan manajemen pergudangan.

2. Penerimaan barang
Aktivitas penerimaan barang diatur sepenuhnya untuk bisa memetakan besaran dana dan produk yang didapatkan oleh perusahaan.

3. Penyimpanan barang
Barang yang masuk dalam gudang perusahaan ini diupayakan tersimpan dengan aman dari bahaya apapun di dalam lingkungan gedung.

4. Pengepakkan barang ke tempat yang dituju
Pengepakkan barang ini dilakukan untuk memastikan kondisi barang yang dikirimkan ke konsumen dalam kondisi yang baik. Pengepakkan barang ini juga diatur dalam manajemen pergudangan.

5. Pengeluaran barang
Beberapa barang yang keluar dari perusahaan ini semua tercatat dengan rapi pada perusahaan. Pengeluaran barang produksi ini dilakukan untuk menciptakan suasana produksi yang tertib dan efisien.

Pelaksanaan pada beberapa kegiatan diatas diatur oleh manajemen pergudangan yang terbagi atas sub bagian tugas. Beberapa sub bagian tugas ini dijalankan dengan melakukan pengendalian operasional, pengendalian biaya dan pengendalian personalia.

Dengan kata lain, manajamen pergudangan menjalankan sistem supply chain management yang melakukan pengoptimalan tugasnya dari sisi pemasaran. Keuntungan yang didapatkan dalam penerapan manajemen warehouse pada perusahaan ini sungguh memuaskan bagi perusahaan.

Bentuk keuntungan yang didapatkan perusahaan melalui pelaksanaan manajemen pergudangan antara lain yaitu :

1. Menghindarkan timbulnya pengeluaran budget yang tidak penting pada perusahaan
Banyak sekali kejadian tak terduga ketika perusahaan melakukan aktivitas produksi. Kejadian tak terduga ini sering menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya yang tidak penting.

Di sisi lain, pengeluaran dana yang tidak penting pada perusahaan ini biasanya juga disebabkan oleh keahlian karyawan yang tidak mencukupi sehingga pengelolaan aktivitas distribusi yang berkaitan dengan dana tidak berjalan secara optimal.

Namun, saat digunakan manajemen warehouse ini maka perusahaan produksi akan langsung dapat menimbang dan mengelola kemungkinan besaran dana maksimal yang akan dibutuhkan oleh perusahaan selama proses produksi.

2. Manajemen pergudangan diadopsi oleh beberapa perusahaan besar
Pengalaman perusahan yang sukses di bidang bisnis tentulah sangat banyak sehingga ketika mereka sukses menjalankan produksinya dengan menggunakan manajemen warehouse ini maka sebaiknya anda juga mengikuti jejak serupa dari pelaksanaan manajamen warehouse perusahaan tersebut.

Selain karena pengaturannya mudah, manajemen warehouse ini juga dijalankan dengan menggunakan metode yang berkesinambungan sehingga beberapa perusahaan besar juga akan dapat bekerja sama penuh dengan anda.

3. Manajemen pergudangan meningkatkan perkembangan dan pengaturan bisnis
Manajemen pergudangan dijalankan dengan menggunakan keterampilan bagian logistik dalam perusahaan yang berkompeten di bidangnya. Intinya, manajemen pergudangan mendukung peran perusahaan untuk bisa menjalankan perkembangan dan pengaturan bisnis yang baik melalui proses supply chain management.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...