Minggu, 11 November 2018

Kiat Mencari Supplier Tepat | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Kiat Mencari Supplier Yang Tepat

Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Ritel Minimarket, Strategi Ritel, Supplier Tangan Pertama, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.

Cara Menemukan Supplier Tepat
Ada banyak sekali hal yang harus kita perhatikan ketika mengoperasikan bisnis online, salah satunya adalah bagaimana mencari supplier yang baik. Dalam hal ini, kita berbicara tentang model toko online yang menggunakan sumber produk dari pihak ketiga atau bukan merupakan milik kita sendiri. Satu fakta penting yang harus kita ingat adalah bahwa mencari supplier bukanlah perkara yang mudah. Kita diwajibkan untuk teliti melihat supplier mana yang memang mampu menjalin relasi dengan baik sekaligus mampu menyediakan pasokan produk berkualitas, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Memang benar bahwa menentukan produk mana yang akan dijual bisa sangat sulit karena ada jutaan pilihan untuk dipilih. Tidak hanya itu, Anda perlu memastikan bahwa ada pasar untuk produk Anda dan bahwa Anda benar-benar dapat menghasilkan dalam penjualan Anda. Bahkan lebih, produk yang Anda jual adalah faktor utama dalam membentuk rincian lain yang mempengaruhi bisnis online anda.

Dalam produk yang Anda jual secara online berdampak langsung pada aspek berikut dari toko online Anda:
Branding dan Desain: Merek anda harus memperkuat lini produk, jadi pastikan mereka sesuai dengan apa yang dijual.
Pemasaran: Strategi pemasaran dan anggaran Anda bergantung pada target pemirsa. Ini, pada gilirannya akan benar-benar ditentukan oleh penawaran produk mereka.
Mencari tahu apa yang harus dijual secara online harus menjadi proses utama anda. Oleh karena itu, melakukan riset pasar sangat penting. Luangkan waktu anda untuk memikirkan hal ini sebelum anda mencoba menemukan produsen atau pemasok dalam tips cara mencari supplier tangan pertama.
Langkah Dan Tips Mencari Supplier Tangan Pertama

Langkah 1: Tentukan kebutuhan Anda
Mendefinisikan kebutuhan anda adalah titik awal. Jadi, anda dapat menggunakan istilah yang tepat dalam pencarian anda dan menemukan apa yang anda cari dengan lebih mudah. Ada tiga pilihan umum: produsen, pemasok dan dropshipper.
I. Produsen
Ini adalah orang atau perusahaan yang dipekerjakan untuk menghasilkan ide produk anda. Ini adalah pilihan yang berhasils dan sangat baik bagi mereka yang memiliki ide orisinal yang belum dipasarkan.
II. Pemasok
Pemasok biasa juga di sebut produsen, grosir atau distributor. Ini sangat ideal bagi mereka yang ingin menjual produk yang ada. Seringkali, hubungan dengan pemasok ditentukan oleh profil bisnis anda. Ongkos kirim dari bisnis anda dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga.
III. Dropshipper
Jika anda tidak memiliki cara untuk menyimpan produk yang anda jual, atau tidak ingin bekerja secara langsung dengan produsen untuk mendapatkan inventaris, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan dropshipper. Anda menerima pesanan pembelian dan mengirimkannya ke dropshipper. Hal ini, pada gilirannya, mengirimkan barang yang dijual ke pelanggan. Dropship telah menjadi praktik umum di kalangan para penjualan produk dalam toko online berkat fasilitasnya.

Langkah 2: Nasional atau impor?
Setelah menentukan apa kebutuhan anda, langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah produk anda akan masuk ke dalam negeri atau diimpor. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diperhitungkan sebelum mengambil keputusan.
1. Produk Nasional
1.1. Keuntungan :
Kualitas produk karena standar kerja yang tinggi.
Komunikasi yang disederhanakan dalam bahasa yang sama.
Kemudahan untuk memeriksa reputasi pemasok.
Pengiriman lebih cepat.
Keamanan pembayaran dan kekayaan intelektual yang lebih baik.

1.2. Kekurangan :
Biaya produksi lebih tinggi.
Kurang beragam produk.

2. Produk Internasional
2.1. Keuntungan :
Keuntungan dari produk dan suplier internasional
Biaya produksi kecil.
Beragam produk.
Lebih banyak pilihan dari produsen dan pemasok.

2.2. Kekurangan produk dan pemasok internasional:
Produk dengan kualitas lebih rendah.
Pola kerja yang lebih rendah tergantung negara.
Ketidakamanan dalam pembayaran dan perlindungan kekayaan intelektual.
Komunikasi bisa jadi sulit karena bahasanya.
Kesulitan memeriksa asal produk atau reputasi pemasok.
Pengiriman tertunda dan ongkos angkut.
Ketergantungan pada pelepasan produk oleh bea cukai.

Langkah 3:  Mulai cari
Setelah menentukan kebutuhan anda, timbangkan keuntungan dan kerugian dari pilihan anda, langkah ketiga adalah memulai pencarian efektif oleh produsen atau pemasok. Dalam cara mencari supplier, anda dapat melakukan pencarian anda dengan direktori nasional seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau oleh direktori internasional seperti Alibaba dan Aliexpress. Mesin pencari tidak berguna saat menemukan produsen atau pemasok. Bahkan jika Anda memfilter hasilnya dan melihat semua halaman, tidak mungkin anda akan menemukan pasangan untuk bisnis anda.

Tips berikut dapat membantu kita menemukan sekaligus menjalin hubungan dengan supplier online yang bagus dan terpercaya:

 - Menyiapkan Kelengkapan Toko Online Terlebih Dulu
Jika kita telah memiliki toko online yang siap untuk beroperasi, maka kita akan lebih mudah untuk mencari supplier. Dengan mempunyai domain sendiri dan konsep yang tertata baik, maka supplier akan memperoleh keyakinan bahwa kita merupakan rekan bisnis yang terpercaya, meski mungkin kita masih pemain baru di bisnis online.Kesan profesional bisa ditampilkan melalui kelengkapan perangkat bisnis yang sudah kita miliki. Dalam tahapan ini, kita harus sudah mulai mengidentifikasi merek serta jenis produk yang akan kita perkenalkan dan pasarkan. Setelah menentukan produk, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi merek-merek yang menjadi competitor bisnis kita. Dari situ kita bisa mengidentifikasi supplier mana saja yang dapat menyuplai produk yang kita butuhkan. 

- Mencari Supplier Online yang Bersedia Menerima Dropship atau Reseller
Sebagai tahap awal pengembangan bisnis, kita bisa mencari supplier yang bersedia menerima reseller atau dropshipper. Berperan sebagai reseller bisa menjadi pilihan bila produk yang akan kita pasarkan memiliki banyak peminat. Sementara itu, menjadi dropshipper lebih cocok jika kita memiliki keterbatasan tempat untuk menyimpan stock produk atau keterbatasan dana untuk membeli persediaan. Dengan cara ini, maka kita tidak akan merasa terbebani dengan jumlah stok yang berlebihan.

- Meningkatkan Trafik ke Situs Toko Online
Meski toko online kita belum sepenuhnya beroperasi, bukan berarti kita bisa berdiam diri dan membiarkan situs toko kita menganggur. Kita bisa mulai membangun konten yang menarik untuk memancing rasa penasaran pengguna internet. Angka traffik yang tinggi menjadi salah satu upaya awal untuk membangun toko online yang diminati dan calon supplier pun akan dapat melihat hal tersebut sebagai langkah awal yang baik.

- Jika Pengajuan ke Supplier Online Ditolak
Ketika upaya pengajuan kerjasama kepada supplier ditolak, kita tidak boleh berkecil hati karena masih bisa mencoba membangun bisnis online berbasis afiliasi maupun mencoba bekerjasama dengan supplier yang lain. Kita bisa memulai dengan memasarkan produk milik toko online yang lain.
Persaingan bisnis yang semakin ketat tentu menuntut kita untuk lebih kreatif, termasuk dalam hal mencari supplier online. Meski begitu, kita tidak boleh serampangan memilih supplier karena kredibilitas dan profesionalisme yang mereka miliki harus tetap menjadi prioritas yang kita perhatikan.

Langkah 4: Kontak
Begitu anda menemukan produsen atau pemasok, Anda harus menghubungi mereka dengan benar. E-mail anda harus jelas dan ringkas, dengan mempertimbangkan 5 elemen: jumlah pesanan minimum, harga per sampel, harga produksi, waktu pengiriman dan syarat pembayaran.

Langkah 5: Negosiasikan
Sudah umum bagi produsen atau pemasok meminta anda untuk membeli produk dalam jumlah minimum pada pesanan pertama anda. Ini adalah kerugian bila anda memiliki sedikit sumber daya atau ingin membeli sedikit. Sebaliknya, pembelian yang lebih besar hampir selalu bisa dinegosiasikan dalam harga dan unit. Usahakan untuk memahami motivasi dibelakang minimnya permintaan. Dengan cara itu anda bisa bernegosiasi dengan lebih baik dan menawarkan penawaran yang layak.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...