Selasa, 20 November 2018

Apa Itu Hypermarket? | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL

TERBARU, +62 813-9864-6177, Apa Itu Hypermarket?

Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Ritel Modern, Bisnis Swalayan, Pengertian Hypermarket, Hypermarket Surabaya, Hypermarket di Indonesia, Konsultan Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.


Mengenal Hypermarket


Hypermarket adalah bentuk pasar modern yang sangat besar, dalam segi luas tempat dan barang-barang yang diperdagangkan. Selain tempatnya yang luas, hipermarket biasanya dan memiliki lahan parkir yang luas.

Dari segi harga, barang-barang di hypermarket seringkali lebih murah daripada supermarket, toko, atau pasar tradisional. Ini dimungkinkan karena hypermarket memiliki modal yang sangat besar dan membeli barang dari produsen dalam jumlah lebih besar daripada pesaingnya, tetapi menjualnya dalam bentuk satuan.

Dalam praktiknya mulai sekitar tahun 2000-an, untuk menyeimbangkan antara pasar tradisional dan pasar modern, beberapa produsen consumer goods telah membedakan harga jual untuk kedua jenis pasar tersebut. Praktik ini meningkatkan daya saing di tingkat pedagang eceran sehingga harga eceran mereka bisa lebih murah atau sama dengan di pasar modern.

Di negara maju, sebuah hypermarket biasanya terletak di pinggiran kota, agar tidak mematikan toko-toko yang lebih kecil.

Di Indonesia, menurut peraturan pemerintah, pasar modern dapat berdiri di semua ibu kota provinsi dan ibu kota kabupaten/kota yang perkembangan kota dan ekonominya dianggap sangat pesat. Di kota-kota penyangga Ibu Kota Jakarta, yaitu Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, berbagai hypermarket telah membuka gerainya.

Beberapa hypermarket di Indonesia adalah: Carrefour, Giant Hypermarket, Hypermart, dan Lotte Mart.

Hypermarket merupakan kombinasi penuh dari supermarket dengan department store dan pengecer jenis lain yang dapat menimbulkan ancaman yang sangat kompetitif bagi supermarket lokal dan pengecer lain. Hypermarket memiliki keuntungan dengan menjual barang dengan jumlah sangat tinggi, yang dapat memberi daya beli kepada konsumen untuk membeli produk yang dijual dalam jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan pengecer yang menjual barang dalam jumlah yang lebih kecil. Hypermarket biasanya berukuran seluas 5.000m2 atau bahkan lebih.

Perkembangan hypermarket dan pasar modern lainnya adalah buah dari dua kekuatan. Di satu pihak perkembangan ini adalah buah perkembangan teknologi dan manajemen penjualan yang memungkinkan terjadinya efisiensi sekaligus daya tarik layanan dan penjualan (supply driven), di pihak lain, perkembangan ini terjadi sebagai akibat tuntutan konsumen akan kenyamanan belanja (demand driven). Pergeseran preferensi masyarakat telah menimbulkan perubahan pola belanja konsumen sebagaimana bisa diamati dalam keseharian saat ini. Jika dulu masyarakat berbelanja kebutuhan sehari-hari dipasar-pasar tradisional, maka sekarang masyarakat memiliki pilihan berbelanja di hypermarket dan jenis pasar modern lainnya. 

Salah satu keunggulan hypermarket yang bisa diamati adalah konsep One stop needs shopping yang ditawarkan, yaitu sistem penyediaan bahan belanja beragam kebutuhan kebutuhan rumah tangga pada satu tempat belanja. Kelebihan lain yang dimiliki pasar swalayan antara lain: produk yang ditawarakan cukup terjangkau dan konsumen dapat memilih barang-barang yang tersedia dengan bebas sebelum membeli serta suasana belanja yang menyenangkan karena penataan barang konsumsi perlu dilakukan oleh para pelaksana pemasaran.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...