Selasa, 20 November 2018

Inilah Pengertian Supermarket | Konsultan Bisnis Dan Manajemen


JASA KONSULTAN RITEL

TERBAIK, +62 813-9864-6177, Apa Itu Supermarket?

Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Ritel Modern, Bisnis Swalayan, Konsultan Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.


Mengenal Supermarket

Dalam ilmu marketing itu sendiri terdapat yang namanya outlet besar yang mampu menjual berbagai macam produk dengan kemasan yang berbeda dengan outlet retail kecil lainnya yang bisa disebut sebagai supermarket.

Pengertian supermarket dalam ilmu marketing merupakan media pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dalam menjual barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Supermarket ini tentu saja menawarkan barang atau produk kemasan yang jauh lebih banyak dari pasar tradisional.

Sedangkan jika dikutip dari Wikipedia, supermarket atau pasar swalayan adalah sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Kata yang secara harfiah yang diambil dari bahasa Inggris ini artinya adalah pasar yang besar. Barang barang yang dijual di supermarket biasanya adalah barang barang kebutuhan sehari hari. Seperti bahan makanan, minuman, dan barang kebutuhan seperti tissue dan lain sebagainya.

Jika supermarket ini menjual semua kebutuhan konsumen sehari – hari maka dapat dimungkinkan produktivitas  ekonomi pada pasar tradisional akan menurun.

Supermarket ini tentunya merupakan bagian dari pasar modern. Pasar modern menurut ilmu marketing ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Akan tetapi memiliki perbedaan dengan pasar tradisional.

Supermarket ini tentunya terdapat dekat sekali dengan lingkungan konsumennya. Itu karena target pemasaran dari ilmu marketing sebuah supermarket yaitu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Bahkan dalam suatu wilayah bisa terdapat sedikitnya dua supermarket yang saling bersaing.

Yang tentunya kedua supermarket tersebut berbeda perusahaannya. Itu dikarenakan kedua supermarket tersebut untuk menunjukan perkembangan penjualan dan juga untuk membandingkan perkembangannya dengan supermarket lainnya untuk saling bersaing ilmu marketing.

Dengan adanya supermarket ini akan semakin menambah penjualan dari distributor. Karena supermarket ini dikelola sebaik mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya juga. Dan supermarket juga kini tidak hanya menjual berupa barang atau produk saja, bahkan kini telah melakukan penjualan berupa jasa.

Sudah banyak sekali perkembangan supermarket dijaman sekarang ini. Setiap perkembangan supermarket ini karena didukung juga oleh perusahaan lain karena dengan adanya supermarket akan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya berupa barang atau jasa.

Jasa yang disediakan oleh supermarket yaitu salah satunya sebagai media pembayaran bagi konsumen, seperti pembayaran listrik, pemesanan tiket, isi pulsa, dll. Maka dari itu banyak sekali perusahaan yang ingin bekerjasama dengan supermarket untuk menerapkan ilmu marketingnya untuk meningkatkan penjualan.

Sekarang supermarket ini sudah berada dimana saja, bahkan di perkotaan saja supermarket ini dapat ditemukan setiap 100 meter. Itu karena akan lebih memudahkan masyarakat lebih mudah menjangkau supermarket dalam memenuhi kebutuhannya. Supermarket ini tentunya memiliki barang atau produk yang begitu banyak sekali dan mendisplaynya dengan begitu rapih dan tersusun.

Supermarket ini sudah menjadi salah satu media pemasaran dalam ilmu marketing oleh banyak perusahaan khususnya distributor. Supermarket ini tentunya ada yang mampu menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Akan tetapi supermarket seperti ini tentunya tidak sebanyak supermarket pada umumnya.

Contoh dari supermarket yang mampu menjual berbagai macam barang atau produk seperti alat elektronik, peralatan rumah tangga, makanan ringan, sembako, dll. Supermarket seperti ini dalam ilmu marketing bisa disebut sebagai toko serba ada (Toserba).

Supermarket seperti toserba ini biasanya hanya terdapat satu dalam suatu wilayah pemasaran. Itu karena supermarket tersebut tentunya mampu menjual dan menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Bahkan supermarket seperti ini juga mampu menyediakan fasilitas lain seperti food court.

Maka tidak heran jika supermarket toserba seperti ini tentu akan lebih banyak menarik minat konsumen lebih banyak dibandingkan supermarket kecil yang lainnya. Supermarket ini sudah seperti pasar tradisional yang tersusun secara rapih yang juga menyediakan kebutuhan pokok seperti daging, sayuran dll yang masih segar tentunya.

Supermarket ini dibuat dengan sedemikian rupa dimana barang atau produk ditampilkan dan disediakan berdasarkan jenis barang atau kelompok produknya  sesuai dengan kebutuhannya masing – masing sesuai dengan ilmu marketing.

Dengan begitu akan memudahkan konsumen dalam memilih dan menentukan barang atau produk yang diinginkannya. Tidak hanya itu supermarket juga memberikan pelayanan pembayaran yang mudah baik dengan uang cash ataupun dengan kartu kredit. Yang tentunya supermarket tersebut sudah memiliki sistem sendiri dalam transaksi penjualan dengan konsumennya.

Supermarket tentunya akan memberikan struk atau faktur bagi konsumen setelah melakukan pembayaran sebagai bukti transaksi. Struk atau faktur tersebut sangat berguna karena terdapat nilai harga dari setiap barang atau produk yang telah dibeli secara rinci.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...