JASA KONSULTAN RITEL
TERBAIK, +62 813-9864-6177, Apa Itu Supermarket?
Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Ritel, Bisnis Ritel Modern, Bisnis Swalayan, Konsultan Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.
Mengenal
Supermarket
Dalam
ilmu marketing itu sendiri terdapat yang namanya outlet besar yang mampu
menjual berbagai macam produk dengan kemasan yang berbeda dengan outlet retail
kecil lainnya yang bisa disebut sebagai supermarket.
Pengertian
supermarket dalam ilmu marketing merupakan media pemasaran yang digunakan oleh
perusahaan dalam menjual barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan
konsumennya. Supermarket ini tentu saja menawarkan barang atau produk kemasan
yang jauh lebih banyak dari pasar tradisional.
Sedangkan
jika dikutip dari Wikipedia, supermarket atau pasar swalayan adalah sebuah toko
yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Kata yang secara harfiah yang
diambil dari bahasa Inggris ini artinya adalah pasar yang besar. Barang barang
yang dijual di supermarket biasanya adalah barang barang kebutuhan sehari hari.
Seperti bahan makanan, minuman, dan barang kebutuhan seperti tissue dan lain
sebagainya.
Jika
supermarket ini menjual semua kebutuhan konsumen sehari – hari maka dapat
dimungkinkan produktivitas ekonomi pada
pasar tradisional akan menurun.
Supermarket
ini tentunya merupakan bagian dari pasar modern. Pasar modern menurut ilmu
marketing ini merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Akan tetapi
memiliki perbedaan dengan pasar tradisional.
Supermarket
ini tentunya terdapat dekat sekali dengan lingkungan konsumennya. Itu karena
target pemasaran dari ilmu marketing sebuah supermarket yaitu untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat sekitar. Bahkan dalam suatu wilayah bisa terdapat
sedikitnya dua supermarket yang saling bersaing.
Yang
tentunya kedua supermarket tersebut berbeda perusahaannya. Itu dikarenakan
kedua supermarket tersebut untuk menunjukan perkembangan penjualan dan juga
untuk membandingkan perkembangannya dengan supermarket lainnya untuk saling
bersaing ilmu marketing.
Dengan
adanya supermarket ini akan semakin menambah penjualan dari distributor. Karena
supermarket ini dikelola sebaik mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan
konsumennya juga. Dan supermarket juga kini tidak hanya menjual berupa barang
atau produk saja, bahkan kini telah melakukan penjualan berupa jasa.
Sudah
banyak sekali perkembangan supermarket dijaman sekarang ini. Setiap
perkembangan supermarket ini karena didukung juga oleh perusahaan lain karena
dengan adanya supermarket akan memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya
berupa barang atau jasa.
Jasa
yang disediakan oleh supermarket yaitu salah satunya sebagai media pembayaran
bagi konsumen, seperti pembayaran listrik, pemesanan tiket, isi pulsa, dll.
Maka dari itu banyak sekali perusahaan yang ingin bekerjasama dengan
supermarket untuk menerapkan ilmu marketingnya untuk meningkatkan penjualan.
Sekarang
supermarket ini sudah berada dimana saja, bahkan di perkotaan saja supermarket
ini dapat ditemukan setiap 100 meter. Itu karena akan lebih memudahkan
masyarakat lebih mudah menjangkau supermarket dalam memenuhi kebutuhannya.
Supermarket ini tentunya memiliki barang atau produk yang begitu banyak sekali
dan mendisplaynya dengan begitu rapih dan tersusun.
Supermarket
ini sudah menjadi salah satu media pemasaran dalam ilmu marketing oleh banyak
perusahaan khususnya distributor. Supermarket ini tentunya ada yang mampu
menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Akan tetapi
supermarket seperti ini tentunya tidak sebanyak supermarket pada umumnya.
Contoh
dari supermarket yang mampu menjual berbagai macam barang atau produk seperti
alat elektronik, peralatan rumah tangga, makanan ringan, sembako, dll.
Supermarket seperti ini dalam ilmu marketing bisa disebut sebagai toko serba
ada (Toserba).
Supermarket
seperti toserba ini biasanya hanya terdapat satu dalam suatu wilayah pemasaran.
Itu karena supermarket tersebut tentunya mampu menjual dan menyediakan berbagai
macam kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya bagi konsumen. Bahkan supermarket
seperti ini juga mampu menyediakan fasilitas lain seperti food court.
Maka
tidak heran jika supermarket toserba seperti ini tentu akan lebih banyak
menarik minat konsumen lebih banyak dibandingkan supermarket kecil yang lainnya.
Supermarket ini sudah seperti pasar tradisional yang tersusun secara rapih yang
juga menyediakan kebutuhan pokok seperti daging, sayuran dll yang masih segar
tentunya.
Supermarket
ini dibuat dengan sedemikian rupa dimana barang atau produk ditampilkan dan
disediakan berdasarkan jenis barang atau kelompok produknya sesuai dengan kebutuhannya masing – masing
sesuai dengan ilmu marketing.
Dengan
begitu akan memudahkan konsumen dalam memilih dan menentukan barang atau produk
yang diinginkannya. Tidak hanya itu supermarket juga memberikan pelayanan
pembayaran yang mudah baik dengan uang cash ataupun dengan kartu kredit. Yang
tentunya supermarket tersebut sudah memiliki sistem sendiri dalam transaksi
penjualan dengan konsumennya.
Supermarket
tentunya akan memberikan struk atau faktur bagi konsumen setelah melakukan
pembayaran sebagai bukti transaksi. Struk atau faktur tersebut sangat berguna
karena terdapat nilai harga dari setiap barang atau produk yang telah dibeli
secara rinci.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar