Selasa, 06 November 2018

Menarik Perhatian Konsumen Melalui Display | Konsultan Bisnis Dan Manajemen


JASA KONSULTAN RITEL

TERBAIK, +62 813-9864-6177, Menarik Perhatian Konsumen Dengan Penataan Display

Konsultan, Konsultan Bisnis Ritel, Ritel Minimarket, Strategi Ritel Minimarket, Tips Display Ritel, Toko Ritel Sidoarjo, Toko Ritel Surabaya, Toko Ritel Malang, Konsultan Sidoarjo, Konsultan Surabaya, Konsultan Malang.

Menarik Perhatian Konsumen Dengan Penataan Display
Penataan produk atau yang sering kita kenal dengan istilah display adalah suatu cara penataan produk terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Untuk memperjelas arti dari display tersebut, William J.Shultz, “Display consist of simulating customers attention and interest in a product or a store, and desire to buy the product or patronize the store, through direct visual appeal”. Display adalah suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung ( direct visual appeal ).

Secara garis besar, tujuan display adalah :
1.      Attention dan interest customer. Attention dan interest customer artinya menarik perhatian pembeli dilakukan dengan cara menggunakan warna-warna, lampu-lampu dan sebagainya.
2.      Desire dan action customer Desire dan action customer artinya untuk menimbulkan keinginan memiliki barang-barang yang dipamerkan di toko tersebut, setelah masuk ke toko, kemudian melakukan pembelian.
3.      Pemajangan barang dagangan (display) bertujuan menarik minat konsumen untuk melihat dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Secara umum display dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:
a)      Window Display
Window display yaitu memajang barang-barang, gambar-ganbar kartu harga, symbol-simbol dan sebagainya di bagian depan toko yang disebut etalase. Window display mempunyai beberapa tujuan antara lain :
ü  Untuk menarik perhatian konsumen yang lewat.
ü  Menyatakan kualitas yang baik atau harga yang murah sebagai ciri khas dari toko tersebut.
ü  Memancing perhatian terhadap barang-barang istimewa yang dijual di toko.
ü  Untuk menimbulkan impulse buying (dorongan seketika).
ü  Agar menimbulkan daya tarik terhadap keseluruhan suasana toko.


b)      Interior Display
Interior display yaitu memajangkan barang-barang, gambar-gambar, kartu-kartu harga dan poster-poster di dalam toko. Interior display ada beberapa macam antara lain :
ü  Open display
Open display yaitu barang-barang yang dipajangkan pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat dan diteliti oleh calon pembeli tanpa bantuan petugas pelayanan.
ü  Closed display
Closed display yaitu barang yang dipajangkan dalam suasana tertutup. Barang-barang tersebut tidak dihampiri dan dipegang atau diteliti oleh calon pembeli, kecuali atas bantuan petugas pelayanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi barang dari kerusakan, pencurian dan sebagainya.
ü  Architectural display
Architectural display yaitu memperlihatkan barang-barang dalam penggunaanya, misalnya di kamar tidur dengan perlengkapannya. Cara ini dapat memperbesar daya tarik karena barang-barang dipertunjukkan secara realistis.
c)      Exterior Display
Exterior display yaitu penataan yang dilaksanakan dengan memajangkan barang-barang diluar toko. Display ini mempunyai beberapa fungsi antara lain:
ü  Memperkenalkan suatu produk secara cepat dan ekonomis.
ü  Membantu para produsen menyalurkan barang-barangnya dengan cepat dan ekonomis.
ü  Membantu mengkoordinasikan advertising dan merchandising.
ü  Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, misalnya pada hari raya., ulang tahun dan sebagainya.

Display dan penempatan barang dagangan yang dimaksud adalah tidak hanya menyusun barang di rak display agar terlihat rapi, tetapi juga terdapat teknik-teknik khusus. Penataan barang dilakukan dengan mengelompokkan jenis barang sesuai dengan minat konsumen (taste) dengan tetap memperhatikan keindahan, keamanan, dan kemudahan baik untuk konsumen maupun penjaga toko.

Syarat penting yang harus dipenuhi dalam melakukan penempatan barang dagangan antara lain :
A          A.    Keindahan
Tatanan barang yang rapi dan bersih di rak dengan desain unik merupakan hal dasar untuk menciptakan keindahan toko. Selain itu kerapihan dan kebersihan toko dapat menarik perhatian konsumen untuk mendekati barang display dan betah berlama-lama di toko anda, pada akhirnya tertarik untuk membeli lebih banyak barang.

B.     Kemudahan mencari
Semakin banyak barang yang dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen maka semakin banyak pula kemungkinan barang yang akan dibeli oleh konsumen. Salah satu cara untuk memudahkan pembeli adalah penataan barang sesuai dengan kelompoknya, serta adanya petunjuk barang yang biasanya digantung di atas rak gondola. Selain itu pemasangan label harga haruslah mudah terlihat misalnya dengan menempelnya di bagian depan / luar.

C.     Kemudahan menjangkau
Pada umumnya konsumen minimarket adalah para wanita dengan tinggi badan rata-rata 155cm, sehingga  ketinggian rak gondola dan penataan barang harus disesuaikan. Barang kebutuhan sehari-hari dengan intensitas penjualan lebih besar harus diletakkan di tempat yang paling mudah dijangkau.

D.    Keamanan
Faktor keamanan harus diperhatikan dalam mendisplay barang sebagai contoh, kelompok makanan tidak diletakkan bersebelahan dengan kelompok home care. Barang yang mudah pecah sebaiknya tidak diletakan di pinggir sehingga beresiko tersenggol konsumen. Sebaiknya tidak menumpuk barang terlalu tinggi di rak sehingga menghidari barang ambruk saat diambil. Serta memilih rak toko / rak display anda dengan kualitas bahan yang baik dan sesuai standart.

Selain syarat display barang diatas yang harus dipenuhi, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
Ø  Dilakukan pengelompokan barang sesuai dengan minat konsumen (taste). Pengelompokan barang pada umumnya terbagi menjadi makanan & minuman, obat-obatan, cemilan dan makanan kecil, perawatan tubuh, home care, dan elektronik.
Ø  Jumlah barang yang didisplay disesuaikan dengan proporsional daya jual barang tersebut.
Ø  Menata apik barang dagangan dalam rak gondola toko dengan desain unik dengan memperhatikan bentuk dan warna kemasan barang agar tercipta keindahan display toko.
Ø  Pemajangan barang dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa (expired date) sehingga mudah untuk dilakukan pengecekan.
Ø  Menggunakan price card yang menunjukkan data barang. Price card berisi nama barang, kode barang, suplier, harga, jumlah stok dll

Upaya untuk menata produk disebut juga dengan istilah Visual Merchandising (VM) yaitu Penataan produk yang tujuannya untuk menarik perhatian konsumen dimana langkah-langkah dalam VM diantaranya dapat dilakukan dengan display dan label.

1.      Label harga dan price card
Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan pada label harga dan price card antara lain :
ü  Price card tidak rusak
ü  Price card sesuai dengan produk dan diletakkan tepat sesuai antara produk dan fisik barang.
ü  Semua produk yang dipajang memiliki label
ü  Label harga ditempel rapi di tempatnya dan tidak menutupi produk
2.      Display
Pen-display-an yang baik akan mendatangkan hasil yang baik pula. POP merupakan suatu himbauan yang ditujukan kepada pembeli agar timbul keinginan untuk membeli.
a.       Brand blocking secara vertical
Barang blocking secara vertical yaitu penempatan barang supermarket yang sejenis berderet kearah vertikal atau atas bawah dan merek barang juga harus terlihat di bagian muka secara vertical. Penempatan barang secara vertical berarti menempatkan barang :
1) Dari atas ke bawah secara sistematis
2) Disusun sesuai jenis dan klasifikasinya
3) Barang disusun berdasarkan ukuran dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
4) Warna barang disusun dari warna muda sampai warna tua atau sebaliknya
5) Harga barang diletakkan dari harga murah ke harga mahal atau sebaliknya
6) Barang disusun dari atas ke bawah atau sebaliknya menurut jenis, kategori, bentuk dan sifatnya.

Penempatan barang dagangan secara vertical dapat dilakukan di berbagai display, seperti berikut ini :
a) Shelving (rak)
Rak barang biasanya digunakan untuk barang dagangan sehari-hari, misalnya pasta gigi, sabun mandi dan sebagainya.
b) Gondola
Gondola merupakan jenis rak barang yang bentuknya memiliki dua muka dan masing-masing muka mempunyai fungsi yang sama. Gondola dapat digunakan untuk menempatkan barang serupa makanan dan minuman dalam satu kemasan dapat berdiri, seperti susu kemasan, susu kotak dan sebagainya.

b.      Brand blocking secara horizontal
Brand blocking secara horizontal yaitu penempatan barang supermarket satu jenis berderet horizontal dari arah kiri ke kanan atau arah melebar dan merek barang harus dapat terlihat dari depan. Adapun kelemahan penempatan barang dagangan secara horizontal adalah sebagai berikut ;
1) Pelanggan mondar-mandir untuk mencari barang yang diperlukannya.
2) Memberikan kesan bahwa terbatasnya barang yang dijual.
3) Barang yang dilihat dan dijangkau pembeli terbatas.
4) Memberikan kesan yang tidak beraturan

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu para mitra bisnis untuk melakukan penataan toko dan merchandising dengan baik sehingga lebih banyak pengunjung yang datang ke toko dan meningkatkan penjualan produk. Bagi anda yang ingin melakukan konsultasi GRATIS berkaitan dengan bisnis anda, kami adalah perusahaan jasa konsultan retail indonesia, Konsultan toko retail, konsultan bisnis retail. Kantor kami ada di surabaya, namun demikian kami melayani banyak kota-kota besar : Surabaya, Bali, Jakarta, Semarang, Jogya, dan kota-kota besar lainnya.

Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung | Konsultan Bisnis Dan Manajemen

JASA KONSULTAN RITEL  TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Begini Cara Memutar Modal agar Bisnis Makin Untung Konsultan Bisnis Ritel, Konsul...