JASA KONSULTAN RITEL
TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Mengelola Bisnis Ritel
Konsultan, Konsultan Ritel, Manajemen Konsultan Indonesia, Konsultan Bisnis Waralaba, Bisnis Ritel Modern, Bisnis Ritel Sukses, Cara Mengelola Ritel, Konsultan Bisnis di Sidoarjo, Konsultan Bisnis di Surabaya, Konsultan Bisnis di Malang.
5
Cara Mudah Mengelola Bisnis
Tidak
dipungkiri bisnis retaill adalah bisnis yang menjadi salah satu pilihan favorit
di Indonesia. Banyak para pengusaha berfikir bahwa bisnis retail merupakan
bisnis yang mudah dan sedikit tingkat kerugiannya. Tapi tidak disangka banyak
juga pebisnis retail yang mengalami kerugian dalam bisnisnya.
Perlu
Anda ketahui salah satu poin penting dalam membangun bisnis retail adalah cara
mengelola stok barang. Memang untuk bisnis retail yang baru berjalan merasa
tidak kesusahan dalam mengelola stok barang. Anda pasti berfikiran untuk
melakukan pengelolaan yang dilakukan secara manual. Tetapi tahukan Anda? Ketika
bisnis Anda sudah berjalan dengan baik dan cukup banyak, Anda harus mengerti
bagaimana cara mengelola stok barang dengan baik.
Banyak
keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda dapat mengelola stok barang dengan
baik, salah satunya yaitu Anda dapat mengetahui barang – barang mana yang
banyak peminatnya dan stok barang mana yang akan habis. Sehingga memberikan
Anda informasi kapan Anda harus memesan bahan baku atau barang yang akan Anda
jual.
Berikut tips – tips yang akan diberikan untuk
mengelola bisnis retail Anda agar berjalan baik :
1.
Berikan kode khusus untuk barang – barang
Mungkin
ketika Anda baru memulai bisnis retail Anda berfikir bahwa tidak perlu
memberikan kode – kode pada barang yang akan Anda jual. Tetapi berjalannya
waktu usaha retail Anda pasti akan memiliki variasi yang banyak, ketika inilah
Anda akan kode barang sangat diperlukan.
Kode
barang ini pun dapat memudahkan Anda dalam melakukan peletakan pada gudang.
Misalnya kode barang AA-1 di letakan di baris pertama dan seterusnya.
Keunggulan pemberian kode barang ini juga akan memudahkan Anda untuk memberikan
kecepatan dan ketepatan pada saat terjadi banyak pesanan.
2.
Letakan barang yang dijual di dalam gudang tersendiri
Gudang
adalah salah satu element penting dalam bisnis retail, seperti dijelaskan di
poin pertama gudang akan sangat membantu Anda dalam mengorganisir penyusunan
stok barang. Ketika adanya pemesanan Anda tidak perlu khawatir dan berlama –
lama dalam pencarian barang.
3.
Pencatatan transaksi penjualan
Tips
selanjutnya yaitu pencatatan transaksi penjualan, ketika bisnis retail Anda
sudah berkembang pencatatan transaksi penjualan adalah hal yang paling penting.
Anda pasti tidak menginginkan jumlah uang yang didapatkan dari penjualan tidak
sesuai dengan stok barang yang ada.
Dengan
pencatatan transaksi ini ada dapat menganalisa apa saja yang terjadi dalam
bisnis Anda. Tetapi apakah Anda memiliki banyak waktu dan banyak source untuk
melakukan pencatatan transaksi secara manual?
Di era teknologi seperti sekarang banyak di ciptakan aplikasi – aplikasi
yang bertujuan untuk memudahkan pencatatan transaksi penjualan dan memberikan
pelaporan yang lengkap seperti Pawoon aplikasi kasir online.
4.
Pengecekan barang masuk
Setelah
selalu melakukan pencatatan transaksi penjualan, melakukan pengecekan barang
masuk juga tidak kalah penting untuk Anda pelaku bisnis retail. Cara ini
membantu mencegah adanya kerancuan pada stok barang Anda, misalnya Anda tidak
mengetahui barang – barang sisa Anda kemudian Anda melakukan stok barang masuk
kembali, Anda tidak akan mengetahui barang mana yang harus Anda keluarkan
terlebih dahulu.
Selain
itu pengecekan barang masuk juga berguna untuk mencegah adanya kerusakan barang
ketika Anda membeli barang tersebut sehingga Anda tidak mengalami kerugian
dalam pemberian barang.
Dalam
melakukan pencatatan barang yang masuk Anda juga dapat menggunakan aplikasi
yang terhubung dengan mesin kasir seperti Pawoon. Pencatatan barang masuk akan
langsung tersinkron dengan transaksi penjualan, semuanya terhubung dan dapat Anda
pantau dimana saja kapan saja secara online.
5.
Selalu melakukan Stok Opname
Stok
opname adalah proses yang dilakukan secara berkala untuk menghitung jumlah
fisik barang dan persediaan yang dimiliki oleh bisnis retail. Hasil dari
penghitungan akan dibandingkan dengan jumlah pencatatan persediaan yang
tersedia. Di aplikasi kasir online Pawoon juga terdapat fitur stok opname, jadi
Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan stok opname. Coba Sekarang
Berikut
tips yang dapat membantu Anda dalam menjalakan bisnis retail, tips berikut
dapat Anda gabungkan dengan cara yang biasa Anda lakukan sehingga dapat
menyempurnakan manajemen bisnis Anda.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat / Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar