JASA KONSULTAN RITEL
TERPERCAYA, +62 813-9864-6177, Permudah Pelanggan Membeli atau Bisnis Anda akan Hancur
Konsultan, Jasa Konsultan Bisnis, Konsultan Bisis Minimarket, Konsultan Bisnis Ritel, Konsultan Bisnis Wralaba, Konsultan Bisnis Makassar, Konsultan Bisnis Tangerang, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis Ciebon, Konsultan Bisnis Medan
Banyak pelanggan yang masih kesulitan membeli barang
atau jasa – entah karena pelayanan yang buruk atau karena praktik dan kebijakan
yang tidak sederhana. Hal seperti itu bukan sebuah cara berbisnis yang buruk
melainkan sebuah tindakan kriminal yang dapat menghancurkan dan membunuh sebuah
bisnis.
Sekali-kali cobalah menjadi seorang pelanggan,
menelepon atau mendatangi bisnis Anda selayaknya seorang pelanggan. Bagaimana
cara para pegawai menyambut telepon dari pelanggan? Dan bagaimana cara mereka
menyapa pelanggan? Kendala apa yang ditemukan, baik secara fisik maupun
emosional? Setelah selesai, tanyakan pada diri Anda apakah masih mau menjadi
pelanggan lagi di lain waktu?
Baca juga Usia Ideal Untuk Menjadi Wirausahawan
Carilah dan gunakan sesuatu yang bisa memudahkan calon
pelanggan Anda menemukan dan membeli produk atau jasa Anda. Contohnya jika
perusahaan Anda bergerak di industri keuangan, Anda bisa menggunakan
inafina.com agar perusahaan dan tenaga penjualan Anda mudah menjual produknya
secara online ke masyarakat dan untuk masyarakat pun akan juga mudah mencari
produk keuangan yang dibutuhkannya.
Menaikkan risiko
dapat melipatgandakan penjualan Anda
Di masa lalu, para pelanggan biasa bersikap menerima
segala risiko yang muncul saat membeli sebuah produk atau jasa. Aturan tak
tertulisnya berbunyi “risiko ditanggung sendiri” maka selalu berhati-hatilah
menjadi pembeli. Pembeli harus menanggung sendiri risiko jika produk yang
dibeli ternyata tidak bekerja dengan baik, tidak sesuai dengan keinginan, atau
tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.
Masih banyak pebisnis yang belum menyadari bahwa
masa-masa dan cara-cara bisnis seperti itu sudah berlalu. Praktik bisnis saat
ini bertolak belakang dengan cara tersebut. Aturan tak tertulisnya berbunyi:
berhati-hatilah menjadi penjual!
Satu alasan terbesar mengapa pelanggan tidak mau
membeli sebuah produk atau jasa (hasil riset menunjukkan delapan puluh persen
dari seluruh alasan yang ada) adalah karena mereka menganggap terdapat sejumlah
risiko yang merugikan jika berbisnis dengan Anda. Seorang penjual dapat
melakukan sesuatu untuk menghilangkan risiko itu, baik risiko nyata maupun
risiko perseptif. Dengan begitu Anda akan memperoleh peluang delapan puluh
persen lebih baik dalam menyelesaikan setiap transaksi bisnis yang dimiliki.
Hal itu dapat dilakukan dengan cara menawarkan pada
para pelanggan kesempatan untuk berbisnis dalam situasi tanpa risiko atau
dengan risiko yang sangat rendah.
Berikut saya kemukakan beberapa cara sederhana yang
dapat dilakukan untuk menghilangkan persepsi risiko para pelanggan :
- · Memberi sampel atau coba gratis bagi setiap produk secara cuma-cuma
- · Memberi pelanggan harga yang rendah sebagai perkenalan
- · Menawarkan pelanggan garansi penuh, uang kembali tanpa syarat (atau, jika terpaksa, beri garansi uang kembali dengan syarat)
- · Menawarkan pembayaran denda jika produk tidak sesuai dengan yang dijanjikan, tawaran tersebut berbunyi: 100 persen uang akan kembali jika Anda tidak puas
Saat ini, bisnis Anda harus dengan serius
mempertimbangkan untuk memasukkan unsur-unsur tersebut menjadi bagian penting
dalam strategi pemasaran. Masa-masa kejayaan semboyan lama “risiko ditanggung
sendiri oleh pembeli” sudah lama mati dan tidak berlaku lagi. Begitu
kompetitifnya persaingan yang terjadi di luar dan hanya tersedianya sedikit
pelanggan. Para pelanggan sekarang jauh lebih pandai, lebih berpendidikan,
lebih kuat, lebih percaya diri, dan memiliki lebih banyak cara untuk
menyalurkan keluhan.
Anda harus mempersiapkan diri untuk menaruh seluruh
kepercayaan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan dan mendukungnya dengan
jaminan penuh. Jika Anda tidak dapat menjamin produk atau jasa yang ditawarkan,
bukan hanya akan kehilangan peluang pemasaran, tetapi produk Anda memang tidak
pantas dijual.
Ketakutan pada ancaman bahwa orang lain akan mengambil
keuntungan dari Anda sangat tidak berdasar. Saya pastikan bahwa 99 persen orang
adalah orang yang jujur yang tidak akan mengambil keuntungan dari Anda secara
licik. Beberapa orang yang oportunis, yang memanfaatkan peluang secara tidak
jujur, tidak sebanding dengan kenaikan omzet bisnis yang Anda nikmati.
Hanya dengan cara mengambil semua risiko dari pundak
para pelanggan yang akan membuat Anda menjadi unik di dalam industri. Jika Anda
tidak dapat menemukan sebuah USP (unique selling proposition) bagi usaha Anda,
strategi penghapusan risiko dapat memberikan keunikan yang Anda butuhkan.
Pikirkan baik-baik! Ini menyangkut masalah akal sehat. Akan lebih mudah bagi
Anda untuk menjual produk atau jasa dengan mengatakan: “kalau Anda tidak
menyukai produk kami, maka segera kembalikan. Anda akan mendapatkan kembali
uang Anda, tanpa ditanya alasan apa pun.”
Penawaran seperti ini memang tidak selalu cocok untuk
segala situasi, tetapi dalam setiap situasi Anda dapat mengambil
langkah-langkah yang lebih tepat dibandingkan dengan para pesaing. Anda akan
lebih unggul dalam hal menghilangkan atau mengurangi risiko, meninggikan rasa
percaya diri pembeli untuk mencoba produk atau jasa yang Anda jual.
Metode ini merupakan cara jujur dalam mengajukan
sebuah penawaran yang dapat mengurangi kecemasan utama yang dimiliki oleh semua
pelanggan yaitu risiko.
Jangan lupa
bertanya pada pelanggan
Jika kesulitan menemukan penawaran yang dapat Anda
berikan untuk menghapuskan faktor risiko pelanggan, lakukan seperti yang Anda
lakukan saat mencoba menemukan USP yaitu bertanyalah pada para pelanggan Anda.
Cari informasi tentang apa kebutuhan, keinginan, dan
kekhawatiran mereka. Saran saya adalah pelanggan, baik yang sudah Anda miliki
maupun yang belum, niscaya akan memberi ide-ide yang Anda butuhkan.
Hambatan yang
dialami pembeli dapat menghancurkan bisnis Anda
Kemudahan yang Anda berikan pada para pelanggan untuk
memperoleh yang mereka butuhkan tidak cukup hanya dengan mengurangi risiko,
melainkan Anda juga harus mempermudah semua proses pembelian menjadi sederhana
dan mudah.
Misalnya, sebuah perusahaan yang menerima pesanan
pelanggan lewat surat atau e-mail. Pastikan formulir yang jelas, daftar
pertanyaan yang dibutuhkan, dan menyertakan pula informasi lengkap dari bisnis
Anda. Semua ini dapat memudahkan pelanggan untuk membeli. Menyertakan sejumlah
pilihan cara pembayaran juga akan bermanfaat. Tidak ada alasan apa pun bagi
Anda untuk menolak pembayaran menggunakan kartu kredit.
Bagaimana dengan pelayanan lainnya? Coba Anda tanyakan
kepada pelanggan, apakah tempat parkir sudah memadai atau sudah cukup baik?
Apakah jalan masuk toko atau kantor cukup menarik perhatian pengunjung? Apakah
sudah terpasang petunjuk yang memudahkan para pelanggan menemukan barang-barang
yang mereka cari di tempat bisnis Anda? Bagi yang bisnisnya menjual produk
retail apakah sudah tersedia keranjang, troli, dan pegawai yang bertugas
membawakan belanjaan pembeli? Apakah sudah menemukan tempat yang tepat untuk
meletakkan tas, kotak, troli, dan lemari pajangan?
Perhatikan bagaimana cara para pelanggan berbelanja di
toko Anda, analisis setiap langkah mereka. Pikirkan bagaimana caranya untuk
membuat setiap langkah mereka bisa menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu
melakukan sedikit perubahan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlampau
mahal.
Industri yang kami layani :
>>> Retail / Ritel : Segala jenis toko ; Toko
Buku, Toko Bangunan, Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Toko Buah, Toko Obat
/ Apotik, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti / Bakery, Dll.
>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis
Pabrik ; Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, Dll.
>>> Service : Hotel, Restoran, Printing,
Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, Dll.
>>> Start Up : Segala Jenis Industri.
KINI DEWALOTTO MENYEDIAKAN DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL / XL
BalasHapusUNTUK KEMUDAHAN TRANSAKSI , ONLINE 24 JAM BOSKU ^-^
WWW.DEWA-LOTTO.NAME
WA : +855 88 876 5575